Resep Rendang Gadih ( Tumbuk ) Khas Payakumbuh Enak Gurih

Resep Rendang Gadih ( Tumbuk ) Khas Payakumbuh Enak Gurih

Perkiraan 6 menit dibaca

Resep Rendang Gadih ( Tumbuk ) Khas Payakumbuh – Rendang yang dalam bahasa Minang disebut Randang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan sebagai bahan utamanya. Rendang masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya.

Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang daging sapi ini merupakan masakan khas Minang. Pada tahun 2011 hidangan rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Resep Rendang adalah masakan yang kaya akan rempah alami khas Indonesia seperti serai, kunyit, loas dan lain sebagainya. Menggunakan bahan dasar daging, rendang dimasak bersama santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak.

Keunikan masakan rendang Padang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu yang cukup lama, karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering.

Memasak rendang memang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah ‘karamelisasi’. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.

Nah kali ini kami DoyanResep.com akan mencoba membagikan salah satu resep rendang baru yang disebut Rendang Gadih yang terbuat dari olahan rendang pada umumnya. Hanya bedanya Resep Rendang Gadih Khas Payakumbuh ini dagingnya ditumbuk, lalu dicampur dengan kelapa sangrai lalu dibentuk bulat-bulat seperti olahan bakso, bola-bola daging atau perkedel.

Nanti hasil akhir dari Resep Rendang Gadih Alias Resep Rendang Tumbuk Kering ini terasa enak gurih dengan aroma sedap rempah yang menggoda. Ingin tahu resep selengkapnya? Yuk disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Rendang Gadih seperti berikut ini.

Resep Rendang Gadih (Tumbuk) Dan Cara Membuatnya

Resep Rendang Gadih (Tumbuk) Dan Cara Membuatnya

Resep Rendang Gadih (Tumbuk) Dan Cara Membuatnya

Resep By Ina Harahap

Bahan Rendang Gadih :

  • Daging sapi tanpa lemak 500 gram
  • Kelapa parut 250 gram, sangrai lalu haluskan
  • Santan kental 1 liter

Bumbu Halus Rendang Gadih Tumbuk :

  • Cabai merah 100 gram (silahkan tambahkan jika suka pedas)
  • Bawang merah 100 gram
  • Bawang putih 5 buah
  • Jahe 3 centi meter
  • Lengkuas 3 centi meter

Bumbu Lempar Rendang :

  • Sereh 2 batang (geprek)
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun salam 4 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Asam kandis 2 buah
  • Kari bubuk 2 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Kapulaga 3 butir
  • Bunga lawang 3 butir

Langkah Membuat Resep Rendang Gadih :

  1. Pertama-tama tumbuk daging (bisa menggunakan chopper) hingga halus. Kemudian ambil 1/4 bagian bumbu halus, 1/2 bagian kelapa sangrai dan garam secukupnya. Aduk rata lalu bentuk bulat-bulat sesuai selera.
  2. Selanjutnya masak bumbu halus, bumbu lempar dan santan hingga mendidih. Masukkan bulatan daging dan sisa bahan lainnya. Cicipi rasa, silahkan tambahkan bumbu jika dirasa ada yang kurang. Kecilkan api.
  3. Setelah itu masak hingga menyusut dan keluar minyak. Dalam tahap ini memang harus sabar ya bun. Silahkan aduk-aduk terus rendang gadih hingga kering dan berwarna kehitaman. Angkat.

Kini rendang gadih tersedia dalam kemasan siap makan yang dijual via online dan outlet yang menyajikan olahan rendang dan oleh-oleh khas Minang. Resep Rendang Gadih merupakan kreasi baru dari olahan rendang padang daging sapi basah asli. Jadi jangan heran jika rendang tumbuk ini masih terdengar asing ditelinga anda.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri  dengan Resep Rendang Gadih ( Tumbuk ) Khas Payakumbuh Enak Gurih. Jangan lupa untuk mencoba resep lainya di resep doyanresep.com seperti Resep Tahu Telur Jawa Timur Enak Murah Yang Wajib Dicoba!. Sekian 🙂

4

Ada 2 unek-unek di bawah ini

  1. Gizi
    Agustus 10, 2017
    • Desiana Prasetya
      Agustus 11, 2017

Tulis unek-unek Bunda