Cara Membuat Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

Cara Membuat Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Perkiraan 7 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Cara Membuat Gyoza Ayam – Bosan dengan ayam goreng atau masakan ayam yang sudah sering anda cicipi? Tertarik mencoba resep baru yang berhubungan dengan Ayam, namun dalam variasi lain yang tidak hanya digoreng?

Inilah jalan keluar terbaik menemukan cita rasa baru yang mungkin asing di lidah anda. Apakah itu? Sebuah perpaduan ayam dan sayuran yang menggugah selera. Bahkan dengan mendengar namanya saja. Bernama gyoza a.k.a kuo tie, makanan ini merupakan salah satu kue Jepang yang tebuat dari kulit pangsit tipis sebagai makanan ringan yang memiliki isian daging dan sayuran.

Pada umumnya daging yang digunakan untuk membuat gyoza adalah daging ayam, daging sapi, ikan serta udang segar. Namun agar bercitarasa enak dan lezat, saat ini banyak orang yang membuat gyoza dengan kombinasi isian daging ayam cincang dan udang.

Yuk Cicipi : Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas

Sebelum saya memberikan resep dan cara membuat gyoza ala Jepang, saya akan memberikan secuil penjelasan mengenai Gyoza ayam ini. Gyoza adalah masakan Cina yang juga terkenal di Jepang. Meskipun ada banyak perbedaan antara gyoza Jepang dan gyoza Cina. Menurut sumber umumnya gyoza Jepang paling enak di santap bersama nasi putih sebagai makanan sehari-hari. Gyoza ala Jepang ini biasanya menggunakan kulit pangsit tipis yang digoreng bagian bawahnya agar hasilnya renyah dan gurih.

gyoza

Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling)

Yang kemudian di tambahkan sedikit bawang putih dalam pangsit tersebut yang tidak ditambahkan pada pangsit China. Menurut saya makanan gyoza ini mirip sekali dengan Hakau. Apa itu Hakau? Hakau adalah salah satu makanan yang masih sejenis Gyoza yang sering disajikan dalam porsi kecil. Jika di Indonesia makanan seperti ini disebut Dimsum kukus seperti pangsit kuah dan siomay ikan tenggiri.

Di negara China memang banyak sekali jenis gyoza, berbeda dengan di Jepang, Dumpling di sebut gyoza. Berbeda lagi dengan Potsticker, jenis ini masuk ke dalam katagori dumpling tapi proses pemasakannya dengan cara di pan fried. Apa itu pan fried? Memasak jenis ini adalah pan yang diberi sedikit minyak terlebih dahulu lalu kemudian dumpling atau gyoza nya di panggang sebentar sampai bawahnya berwarna kecoklatan.

Cicipi Juga : Resep Donat Tanpa Kentang Topping Madu Empuk

Lalu pan tersebut di tambahkan air untuk melanjutkan memasaknya sampai airnya habis. Dengan cara memasak gyoza seperti ini hasilnya pun akan renyah tapi tetap lembut di dalam. Gyoza ayam udang paling enak di santap selagi hangat. Karena tektsure gyoza akan berubah dan akan menjadi sedikit kering ketika sudah dingin. Seperti siomay dim sum pada umumnya, jadi sebelum penyajian sebaiknya gyoza ayam udang dikukus terlebih dahulu agar menjaga tekstur kenyalnya.

Gyoza ayam memang sudah enak di makan begitu saja. Tapi lebih nikmat jika gyoza ini di makan bersama saus kecap pedas, saus sambal dan mayonese. Kalau di Restauran atau cafe Indonesia umumnya Gyoza Panggang / Gyoza Kukus dan Gyoza Goreng ini seringkali disajikan bersama saus cuko gula merah atau saos cuko gula putih seperti sajian pempek Palembang. Seperti olahan cuko pada umumnya, cuko ini terbuat dari cabai, gula, garam, bawang putih, cuka dan air.

Langsung saja, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Gyoza Ayam. Yuk di simak!

Step by Step Langkah Membuat Gyoza Ayam

gyoza ayam

Resep Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling) By Elly Yustina Cookpad

Bahan Kulit Gyoza Homemade :

  • Tepung terigu 150 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Air secukupnya

Bahan Filling Gyoza Ayam :

  • Daging ayam 250 gram (cincang halus), bisa di tambahkan udang 25 gram jika suka
  • Daun kucai 75 gram
  • Minyak zaitun (olive oil) 1 sendok makan
  • Saus tiram 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung (haluskan)

Cara Membuat Gyoza Ayam Pan Fried :

  1. Kulit Gyoza : Campur tepung terigu dan garam, aduk rata. Tambahkan air hangat secara bertahap, sambil diuleni sampai kalis dan tidak lengket. Lalu bulat-bulatkan sebesar kelereng. Sisihkan.
  2. Filling Gyoza : Campurkan ayam, daun kucai, minyak zaitun, garam, saus tiram dan bawang putih yang sudah dihaluskan, aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.
  3. Selanjutnya giling adonan kulit gyoza yang udah di bentuk bulat menjadi bundar setipis mungkin. Lakukan sampai adonan kulit habis.
  4. Setelah itu ambil satu sendok makan filling lalu letakkan dibagian tengah kulit gyoza. Kemudian tutup dengan cara sisi yang satu menutupi sisi yang lainnya. Lalu lipet bagian sisinya seperti lipitan rok. (seperti saat membuat pastel goreng), lakukan sampai semua bahan habis.
  5. Kemudian susun gyoza mentah di atas wajan teflon yang telah diolesi dengan minyak sayur. Lalu masak sampai bagian bawah gyoza agak kecoklatan.
  6. Jika sudah kecoklatan kecilkan api, lalu tuangi air hangat sampai setengah gyoza terendam air. Tutup wajan dan masak sampai gyoza matang dan air mengering.
  7. Gyoza ayam siap untuk di santap dengan bantuan sumpit bersama cabai rawit encer atau kuah cuko atau hanya dicocol dengan saus sambal.

Mudah bukan Cara Membuat Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling) Ala JepangΒ halal ini? Sekarang tinggal bagaimana anda menyajikannya dengan tampilan yang menarik di atas piring. Ayo mencoba!

Oh iya, selain di bikin gyoza panggang dan gyoza kukus, gyoza ini juga nikmat ketika di goreng di minyak panas. Jadi nanti hasilnya mirip seperti pangsit goreng isi ayam. Enak loh, di makan untuk teman mie ayam, bakso, sup ataupun hidangan berkuah lainnya.

Oke, terima kasih, dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat berkreasi para pembaca DoyanResep.com, sampai bertemu di artikel resep berikutnya πŸ™‚

16

Ada 12 unek-unek di bawah ini

  1. Wahid Hidayat
    28 November 2016
    • desiana
      15 Desember 2016
  2. Christine
    3 Januari 2017
    • Desiana Prasetya
      5 Maret 2017
  3. Raeesa aura
    23 Februari 2017
    • Desiana Prasetya
      5 Maret 2017
  4. Restu Mande
    24 Mei 2017
    • Desiana Prasetya
      26 Mei 2017
  5. Christy Chibi
    2 Juli 2017
    • Desiana Prasetya
      11 Juli 2017
  6. ulan
    8 Juli 2017
    • Desiana Prasetya
      11 Juli 2017
  7. Pingback: Resep Pangsit Rebus Kuah Ayam Udang Homemade 27 September 2017

Tulis unek-unek Bunda