Resep Nasi Goreng Mafia Rempah Bandung a la Homemade

Resep Nasi Goreng Mafia Rempah Bandung a la Homemade

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Perkiraan 9–14 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Resep Nasi Goreng Mafia Rempah – Siapkan diri anda jika akan mengunjungi Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang satu ini. Di tempat ini anda dan pengunjung lainnya akan beramai-ramai duduk makan menikmati menu kuliner nasi goreng pedas satu meja dengan para kelompok mafia dan preman yang super menakutkan. seperti Yakuza, Godfather, Gangster sampai Preman semua kumpul di satu tempat wisata kuliner Nasi Goreng Mafia Rempah Bandung.

Selain berkumpulnya para mafia, di sana anda juga akan melihat pria-pria berkaos polo merah sibuk beraksi dengan wajan besar dan sodet. Sesekali tampak jilatan lidah api di atas wajan. Aroma rempah yang kuat tercium semerbak saat piring-piring berisi nasi goreng diantarkan ke meja.

Yup, seperti yang saya sebutkan di atas, tempat makan ini bernama ‘Nasi Goreng Mafia”. Tempat yang dibuka pada Oktober 2013 di Bandung ini total gerainya sebentar lagi akan bertambah menjadi tujuh. Sebenarnya apa saja sih yang membuat usaha nasi goreng mafia rempah dapat sukses melebarkan sayapnya yang mengalahkan populernya nasi goreng kaki lima yang berjualan di pinggir jalan? Penasaran kan, Yuk kepo-kepo!

Cicipi Juga : Resep Udang Sambal Hijau Spesial

Cerita sedikit saat malam minggu kemarin, saya mencoba mengunjungi kedai nasi goreng mafia namun sayangnya tak mendapatkan tempat di cabang Dipati Ukur yang mungil dan sesak oleh anak muda ABG, dan akhirnya saya pun berpindah ke cabang Jalaprang. Disana ruangannya lebih lapang, bisa memuat sekitar 50 orang. Yang membuat tempat ini terlihat elite adalah dindingnya yang bercat orange dan putih digantungi pigura dan ditempeli gambar-gambar besar kartun mafia.

Di nasi goreng mafia rempah tersebut dapurnya sengaja di letakkan di depan agar dekat dengan udara terbuka. Dan untuk menarik pembeli dengan mencium aroma nasi goreng mafia rempah ketika di masak. Tak ketinggalan nampak sebakul besar nasi putih, minyak goreng dan aneka bumbu rempah yang siap di racik menjadi bumbu nasi goreng yang special.

Sesuai dengan nama tempatnya yaitu nasi goreng mafia rempah, maka sajian nasi gorengnyapun bertema mafia seperti yang sudah saya katakan di atas. Mulai dari “Godfather”, “Gangter”, Preman, Triad, Yakuza dan Brandal. Tingkat kepedasannya bisa dipilih, mulai dari “menenangkan” (0) hingga level mematikan.

Konon salah satu menu yang paling ngehitz dan laris di kedai nasi goreng mafia rempah adalah nasi goreng “Gangster” yang disebut-sebut mengandung 15 bumbu dan rempah-rempah asli khas Indonesia, seperti kunyit, ketumbar dan satu bumbu rahasia yang membuat nasi goreng ini memiliki rasa yang enak, pedas, gurih dan bikin ketagihan. Ciri khas dari nasi goreng gangster adalah nasinya yang berwarna kehitaman, bercampur suwiran daging ayam dan orak-arik telur.

Jangan Lewatkan : Tumis Jamur Saus Tiram Bakso Dan Cara Membuatnya

So bagi yang tidak suka pedas, daftar menunya sudah memeringatkan bahwa untuk tidak memesan nasi goreng ini soalnya level setan pedas gila. Bahkan untuk level nol saja dapat membuat lidah panas dengan rasa lada hitam yang kuat. Terjejak pula rasa keluak yang membuat nasi goreng ini berwarna hitam gelap.

Seakan belum kapok dan ingin icip-icip kreasi nasi goreng mafia rempah yang lainnya, saya pun mencoba memesan hidangan lain yang berlabel ‘best seller’ dan hot yakni nasi goreng preman. Tampak semu hijau warna pada nasi goreng yang satu ini. Mungkin karena ada kangkung dan cacahan cabai hijau di dalamnya. Hem, berasa lagi makan nasi goreng hijau ala nasi goreng buto ijo Jawa Timur deh.

Selain menggunakan cabai hijau, ternyata nasi goreng mafia rempah preman ini ditambahkan pula ulekan cabai rawit merah ke dalamnya. Hingga satu suapan saja membuat saya buru-burbu meraih segelas es jeruk yang sudah di sediakan dari tadi. Lagi-lagi saya merasa kepedasan, padahal saya hanya memesan level nol. Selain memiliki rasa pedas, saya juga mencium aroma kencur yang membuat nasi goreng ini terasa segar.

Nah, bagi anda yang suka dengan olahan kikil, nasi goreng Yakuza cocok menjadi pilihan anda. Karena nasi goreng yang memiliki ciri khas berwarna kecoklatan ini diberi topping potongan kikil berbentuk dadu yang kenyal dan empuk.

Dan meski berlabel hot, namun nasi goreng mafia rempah yang satu ini tidak pedas seperti kedua nasi goreng tadi. Cabai hijaunya terasa samar-samar saja di lidah, sementara asinnya terasa lebih kuat. Jadi bagi yang suka nasi goreng dengan rasa gurih, nasi goreng yakuza wajib untuk di coba.

Selain yakuza, nasi goreng dengan cita rasa tidak pedas juga hadir di nasi goreng mafia rempah yaitu bernama nasi goreng Godfather. Nasgor yang satu ini memiliki ciri khas berwarna cokelat merata karena menggunakan kecap. Dari daftar menu, inilah satu-satunya nasi goreng yang tidak pedas yang ada di kedai nasi goreng mafia.

Usut punya usut nasi goreng Godfather ini adalah nasi goreng klasik yang bercitarasa manis karena menggunakan campuran kecap asin dan kecap inggis. Sesekali tampak irisan bawang merah di atas nasi gorengnya. Ehmmm nyumiii!

Coba Juga : Ayam Balado Pedas Manis, Gurih-Gurih Enyoooy!

Menurut saya jika tingkat kepedasannya diurutkan dari yang pedas membakar lidah hingga yang berlevel nol adalah nasi goreng mafia preman, nasi goreng mafia gangster, nasi goreng mafia yakuza, dan yang terakhir adalah nasi goreng mafia godfather.

Nah itu lah sedikit cerita tentang uniknya kedai nasi goreng mafia, semoga dapat menambah wawasan anda tentang kreasi nasi goreng rempah ala mafia.

Setelah mencicipi lezatnya nasi goreng mafia rempah, saya pun tak mau ketinggalan mencoba berkreasi membuat nasi goreng rempah sendiri di rumah. Dengan menggunakan bermacam-macam bumbu rempah yang ada di dapur, tak taunya enak banget. Rasanya tak kalah dengan nasi goreng mafia rempah asli, kata abang saya enak banget dan bikin ketagihan.

Yuk yang mau icip-icip nasi goreng rempah-rempah ala Mafia di rumah yang konon merupakan resep nasi goreng sederhana yang di adaptasi dari resep nasi goreng rempah Keraton Jawa. Boleh segera di siapkan Bahan-bahan dan Simak Cara Membuat Nasi Goreng Mafia Rempah seperti di berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Nasi Goreng Mafia Rempah

Nasi Goreng Mafia Rempah

Resep Rahasia Nasi Goreng Mafia Rempah

Bahan-bahan Nasi Goreng Rempah :

  • Nasi putih 2 cup
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Sosis secukupnya, jika suka
  • Daging ayam cincang halus secukupnya (jika suka) bisa diganti dengan sewiran ayam goreng

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Merica 1 sendok teh
  • Pala yang sudah di serut 1/2 sendok teh
  • Kemiri 2 butir
  • Cabai merah besar 5 buah
  • Cabai merah kecil 4 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Jinten 1/2 sendok teh

Bumbu Lainnya Nasgor Rempah :

  • Garam 1 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Penyedap rasa (royco) secukupnya, jika suka

Langkah Membuat Nasi Goreng Mafia Rempah :

  1. Pertama-tama haluskan terlebih dahulu bumbu ketumbar, merica, pala, jinten, cabai, kemiri, bawang merah dan bawang putih sampai halus.
  2. Selanjutnya panaskan wajan, tuang 3 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi sedap. Masukkan telur, lalu orak arik. Tambahkan cincangan daging ayam dan sosis jika pakai, tumis sebentar hingga matang.
  3. Setelah itu masukkan nasi putih, tambahkan garam, gula pasir dan royco secukupnya. Masak sampai merata dan matang, tes rasa. Jika ada yang kurang boleh ditambahkan bumbu lainnya sesuai selera.
  4. Tara, nasi goreng rempah ala nasi goreng mafia siap untuk dihidangkan lengkap dengan kerupuk udang, irisan mentimun, tomat dan selada. Mantap!

Saya suka sekali dengan nasi goreng mafia rempah ala saya ini, rasanya enak dan tidak meninggalkan minyak di leher. Menurut saya tanpa tambahan ayam dan sosis pun rasanya sudah special. Tapi kalau mau komplit ya bisa ditambahkan daging ayam dan sosis sama persis seperti resep nasi goreng mafia rempah yang saya tulis di atas. Kalau mau berkreasi boleh juga ya ditambahkan babat, udang, daging kambing, beef, petai (pete), pete cina dan lain sebagainya sesuai selera. Suka-suka deh pokoknya!

Walaupun kini banyak pedagang nasi goreng rempah ala ala mafia yang menyajikan nasi goreng dengan bumbu rempah padang, rempah arab, rempah kari dan bumbu serai yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Bogor dan kota-kota besar lainnya. Namun tak ada salahnya bukan kalau kini anda membuat nasi goreng rempah nikmat sendiri di rumah? Selain ekonomis, rasanya pun dapat di atur sesuai selera dan yang jelas lebih higienis.

Wowkeh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan rahasia Resep Nasi Goreng Mafia Rempah Bandung a la Homemade. Jika bermanfaat, jangan lupa like dan share ya. Terimakasih 🙂

Sumber :

Bunda Nanik Yunia - Nasi Goreng Rempah-rempah
Detik Food - Nasi Goreng Mafia: Di Markas Ini Ada Nasi Goreng Gangster Berporsi Besar
Twitter Nasi Goreng Mafia

Dibuat untuk 3 porsi
19

One Response

  1. arra
    21 Agustus 2017

Tulis unek-unek Bunda