Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang Kuah Gurih

Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang Kuah Gurih

Perkiraan 10–14 menit dibaca

Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri – Kota Palembang memang terkenal dengan aneka jenis makanan khas-nya yang menggugah selera. Salah satunya yang pasti bunda ketahui adalah pempek yang disebut juga pek-apek, empek-empek dan pem-pek yang terkenal di Indonesia. Tapi ternyata selain pempek Palembang, masih ada lagi hidangan khas Palembang yang tak kalah enak dan lezatnya, yaitu Tekwan.

Tak heran rasanya jika Palembang terkenal sebagai daerah dengan makanan yang terbuat dari ikan. Karena memang di sana terdapat sungai terpanjang di Sumatera, yaitu sungai Musi yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang memberikan pasokan ikan yang melimpah untuk Palembang dan sekitarnya.

Sungai Musi sejak dahulu memang menjadi urat nadi perekonomian di kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu komunitas Tionghoa yang cukup besar di sana juga memberikan pengaruh “Chinese taste” atau makanan Cina yang kental pada makanan Palembang yang terbuat dari bahan dasar ikan seperti Pempek dan Tekwan Palembang.

Kedua makanan tersebut memang memiliki bahan dasar ikan dan sagu. Namun bedanya untuk tekwan tidak disajikan dengan kuah cuko yang biasa menemani pempek Palembang ketika di sajikan. Melainkan tekwan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Rupa dan tekstur dari tekwan ikan tengiri khas Palembang sendiri lebih menyerupai bakso atau pentol ikan dibandingkan bentuk pempek yang cenderung lebih besar dan bervariasi bentuk karena ada bentuk lonjong, bulat serta oval.

Baca Juga : 2 Resep Bola Bola Tempe Crispy Isi Keju Mozarella

Untuk menambah wawasan tentang Tekwan Palembang, yuk mari kita melongok sebentar ke Wikipedia Indonesia 🙂

Versi Wikipedia bahasa Indonesia” Tekwan adalah hidangan sup khas Pelembang yang terbuat dari ikan dan sagu / tapioka yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan bersama kuah udang dengan rasa yang khas sedap gurih. Biasanya pelengkap Tekwan adalah sohun / soun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Konon awal mula adanya Tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan”, yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol dengan kawan atau teman”.

Terlepas dari nama Tekwan yang unik, rasa dari tekwan sendiri memang benar-benar sedap dan super gurih. Asli kuah udangnya sangat gurih, tapi tidak bau amis. Biasanya isian dari kuah Tekwan ini adalah model jamur kuping dan bunga sedap malam yang semakin memperkaya rasa dari makanan ini.

YES, setelah semua bahan lengkap, saya pun bergegas membuat tekwan dengan bantuan blender (bisa pakai food processor). Jadi lumayan mengemat waktu dan tenaga kan, karena saya tidak perlu menguleni adonan lagi. Cukup masukkan semua bahan-bahan tekwan dan bumbunya ke dalam blender atau food processor dan proses sampai semua bahan menjadi adonan yang halus.

Setelah adonan halus, segera bentuk bulat-bulat kecil khas bakso ikan/sapi/udang/ayam dan cilok sampai semua bahan habis. Baru deh rebus tekwan hingga matang. Matangnya tekwan di tandai adonannya yang mengapung.

Cicipi Juga : Step By Step Membuat Resep Tahu Rambutan Isi Telur

Untuk tekwannya memiliki texture yang lembut dan terasa sekali udang dan ikannya. Jadi semacam perpaduan bakso dan siomay yang nyumii. Nah jika bunda ingin Tekwan yang lebih kenyal, kunci rahasianya adalah dengan menambahkan putih telur ke dalam adonannya.

Sebenarnya rencana ingin membuat tekwan ikan tengiri khas Palembang ini sudah lama sekali saya ingin buat. Namun saya terkendala dan mengalami kesulitan menemukan bunga sedap malam keringnya. Memang tidak semua supermarket besar menyajikan bunga sedap malam kering. Jadi kalau tidak tersedia di dapur bunda, bisa di skip saja ya.

Terus terang ini adalah kali pertama saya memasak dengan menggunakan bunga sedap malam. Jadi sedikit penasaran juga waktu saya memasak Tekwan ini. Rasanya bagaimana ya? Apa enak? Hemm, jawabannya adalah enak! Tapi ya sesuai selera juga, mungkin ada yang tidak selera dengan bunga sedap malam ya silahkan skip saja.

Kalau dibandingkan dengan abang-abang penjual Tekwan, menurut saya resep dan cara membuat tekwan ikan tengiri Palembang yang saya bagikan ini hasilnya sangat enak dan gurih. Bisa di bilang 11:12 lah sama abangnya. Malah enakan punya saya karena bumbu tekwannya bisa disesuaikan dengan lidah. Beda jika beli, kita juga harus pasrah menikmati tekwan yang disajikan di dalam mangkok.

Oh iya, karena kuah tekwannya terbuat dari udang jadi tanpa menggunakan bumbu penyedap lagi rasanya sudah gurih. Tapi karena saya ingin yang super gurih jadi saya pakai bubuk kaldu sedikit.

Ehmmm, pokoknya resep dan cara membuat tekwan ikan tengiri palembang yang saya bagikan wajib untuk dicoba. Yuk yang ingin mencobanya di rumah, simak Bahan-bahan dan cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Seperti berikut ini.

Step by Step Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri

Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri

Rahasia Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri

Bahan Tambahan Tekwan :

  • Jamur kuping 50 gram, rendam air dingin sampai lemas, tiriskan
  • Soun 100 gram, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
  • Bengkuah 1 buah, potong korek api
  • Kembang sedap malam 15 buah, cuci bersih, lalu bentuk simpul
  • Daun bawang 2 batang, rajang halus
  • Seledri 1 batang, rajang halus

Bahan Bakso Tekwan :

  • Daging ikan tengiri 350 gram, jika anda mendapatkan tulangnya maka rebus tulang ikan bersama dengan kepala udang
  • Udang 100 gram, lepas kepala dan kupas kulitnya. Lalu rebus kulit dan kepala udang dengan 2 liter air untuk kaldu
  • Air es 50 mili liter
  • Tepung sagu 100 gram, ayak
  • Putih telur 2 buah
  • Garam 2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh

Bahan Kuah Tekwan :

  • Kaldu tulang ikan, kepala dan kulit udang 2 liter
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Garam 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Kaldu bubuk instan / royco 1 sendok teh

Bahan Bumbu Sambal Tekwan :

  • Cabai rawit 3 butir
  • Cabai merah 2 butir
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Daun bawang 1 batang, rajang halus
  • Cuka 1/2 sendok makan

Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang :

  1. Bakso tekwan : Potong-potong daging ikan tengiri, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan udang kupas dan putih telur. Proses sampai tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya tuang daging ikan yang sudah diblender ke dalam mangkuk, tambahkan garam, kaldu bubuk dan tepung sagu. Aduk sampai adonan tercampur dengan rata. Sisihkan.
  3. Kuah Tekwan : Rebus tulang ikan, kepala dan kulit udang dengan 2 liter air untuk membuat kaldu. Angkat dan saring kaldu, buang kepala udang dan tulang ikan. Lalu panaskan kaldu dengan menggunakan api kecil sampai kaldu hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil.
  4. Selanjutnya dengan menggunakan 2 buah sendok kecil atau sendok teh, bentuk adonan ikan menjadi bulatan-bulatan kecil khas bakso / pentol. Masukan bulatan bakso ke dalam kuah panas dan rebus sampai bakso mengapung. Lakukan sampai semua adonan bakso habis. Sisihkan. Dan sekarang kita akan membumbui kuahnya.
  5. Tumis bawang putih dengan 1 sendok makan minyak sampai tercium aroma wangi sedap. Masukkan tumisan bawang ke dalam kuah kaldu bekas merebus bakso tadi. Lalu tambahkan merica, kaldu instan, garam, jamur kuping dan kembang sedap malam. Masak terus sampai kuah mendidih, cicipi rasanya lalu taburi dengan 1/2 irisan daun bawang. Aduk dan angkat.

Cara Membuat Sambal :

  1. Haluskan cabai, tambahkan gula, garam dan cuka.
  2. Masukkan irisan daun bawang dan aduk rata. Gunakan sambal sebagai pelengkap.

Penyajian Tekwan Palembang :

  1. Siapkan mangkuk, atur soun dan bengkuang di dasar mangkuk.
  2. Lalu siram dengan bakso dan kuah panas. Taburi dengan daun bawang dan seledri, lalu sajikan dengan sambal sebagai pelengkapnya. Dan perasaan air jeruk nipis, jika suka.

Membuat sajian khas Palembang memang sedikit membutuhkan waktu yang banyak. Namun jika sudah tersaji, rasa lelah langsung hilang karena rasanya yang sedap dan menggugah selera ala ala tekwan resto.

Kadang kalau saya lagi malas membuat bakso ikan homemade, saya pakai bakso ikan dan otak-otak yang dijual di supermarket terdekat. Jadilah tekwan abal-abal ala abang-abang yang suka jual tekwan murah, tapi tetap enak loh. Soalnya kuahnya sudah super duper gurih! Hehehe.

Sebenarnya kalau ingin kuahnya lebih segar dan gurih lagi, saya punya tips dan rahasia kuah tekwan yang sedap. Yaitu dengan mengoven kulit udang dan kepala udang terlebih dahulu sebelum direbus untuk kuah. Tapi saya sering kelupaan, karena penginnya cepat-cepat selesai jadi langsung masukin saja.

Tekwan ikan memang paling banyak di sukai banyak orang karena aroma khas ikan yang membuat rasa lebih lezat. Namun selain ikan tengiri, kini juga muncul kreasi tekwan ikan yang dibuat dari berbagai macam jenis ikan dan tanpa ikan. Mulai dari tekwan tanpa ikan, tekwan udang, tekwan sederhana seperti cilok, tekwan ikan teri, tekwan tanpa udang, tekwan kering dan tekwan ikan gabus.

Jangan Lewatkan : Cara Membuat Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

Nah, jangan lupa bun kalau selain pempek dan tekwan, tentu saja masih banyak lagi kuliner Palembang yang mengesankan di lidah. Misalnya saja seperti kerupuk kemplang, pindang ikan patin, mie celor, laksan, pindang tulang, celimpungan, asinan buah dan masik banyak lagi yang lainnya.

Itulah Bahan-bahan dan Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri yang dapat saya bagikan kali ini. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang Kuah Gurih. Semoga bermanfaat dan sesuai selera ya.

Silahkan share bun, terimakasih 🙂

6

Ada 2 unek-unek di bawah ini

  1. Ananda duan
    Maret 18, 2017
    • Desiana Prasetya
      Maret 18, 2017

Tulis unek-unek Bunda