Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang a.k.a Soto Grombyang Sedap

Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang a.k.a Soto Grombyang Sedap

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Perkiraan 7 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang – Nasi grombyang atau yang sering disebut soto grombyang ini merupakan salah satu sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Versi Wikipedia Indonesia nama makanan ini “grombyang” berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga keliatan bergoyang-goyang yang dalam dalam Bahasa Jawa berartian grombyang-grombyang, artinya (“bergoyang-goyang”).

Penyajian nasi gombyang asli Pemalang ini terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah yang disajikan dalam mangkuk kecil. Karena daging kerbau yang sulit di cari, saat ini nasi gombyang a.k.a soto grombyang dapat diganti dengan irisan daging sapi dan ayam. Khas dari nasi grombyang memang merupakan menu daging dan jeroan kerbau, jadi sebagai pelengkapnya soto grombyang paling enak di sajikan dengan sate kerbau atau sate jeroan.

Bunda dapat mengetahui penjual nasi grombyang dari penjualnya yang meletakan jualannya di kuali besar, sebagai tempat nasi dengan ditutupi kain merah. Lampu templok yang penerangannya remang-remang juga merupakan ciri khas tersendiri dari abang-abang penjual nasi brombyang. Sedangkan untuk pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek yang dalam yang dalam bahasa Jawanya disebut dingklik.

Baca Juga : Resep Opor Ayam Tahu Kuning Special Kuah Gurih

Jika di telusuri, tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas Pemalang ini mulai di ciptakan. Namun menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan nasi grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu penjual nasi grombyang menjual dagangannya secara tidak menetap, tapi dengan berkeliling kampung. Dan saat ini penjual nasi grombyang yang terkenal antara lain H. Warso di Jl. R.E Martadinata di dekat alun-alun, serta H. Waridin di Sirandu dekat bekas terminal lama Pemalang.

Kalau di rasa-rasa dan dilihat dari tampilannya nasi grombyang mirip sekali dengan rawon. Tapi untuk isian dan rasanya tentu saja berbeda. Kalau resep nasi grombyang memakai taburan parutan kelapa yang di sangrai dan dalam mangkuk isinya hanya daging saja, yang diberi sedikit irisan daun bawang dan kuah yang gurih dan sedap. Kalau rawon sendiri kuahnya kental dan warnanya lebih gelap dibanding soto grombyang Pemalang.

Dan ada satu bumbu lagi yang membedakan resep soto grombyang ini dengan rawon, yaitu memakai sedikit bumbu tauco. Kalau rawon kan tidak pakai tauco sama sekali. Jadi untuk rasanya memang unik dan khas dengan citarasa segar ringan di banding rawon yang dominan rasa kluwak yang kuat. Nasi grombyang pada dasarnya memiliki citarasa yang agak manis. Namun terasa enak kalau disantap dengan nasi putih ataupun ketupat.

Yuk Icip – Icip : Resep Gulai Kambing, Enak Anti Bau Prengus

Berbeda kalau buat soto grombyang sendiri di rumah. Tentunya kita bisa sesuaikan rasanya dengan selera. Mau di buat manis saja atau dibuat rasa manis sedep dan gurih juga bisa. Kuncinya selalu cicipi rasa masakan yang dibuat sebelum di angkat. Sesuaikan penggunaan garam, gula dan bumbu penyedap lainnya sampai benar-benar terasa sedap yang di inginkan.

Rahasia gurihnya kuah grombyang adalah pemakaian kelapa parut sangrai nya. Tapi kalau lagi malas nyangrai kelapa bisa pakai serundeng manis kering yang dijual di pasaran. Rasanya enak juga, serundeng manis kering memang bisa di bilang serba guna. Karena selain bisa buat taburan, serundeng kering manis juga bisa di sajikan bersama rendang daging sapi.

Nah bagi yang ingin membuatnya di rumah, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Nasi Grombyang Pemalang seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Nasi Grombyang Khas Pemalang

Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang

Rahasia Lezatnya Nasi Grombyang Khas Pemalang

Bahan-bahan Grombyang :

  • Daging sapi 500 gram (boleh pakai bagian kisi atau daging sandung lamur, kalau pakai bagian kisi jangan lupa di presto sebentar hingga sedikit lebih empuk), cuci bersih, lalu rebus daging, ambil kuah kaldunya sebanyak 1.000 mili liter)
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter, memarkan
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Gula merah 1 sampai 1 1/2 sendok makan (bisa disesuaikan dengan selera)
  • Tauco manis 1/2 sendok makan
  • Kelapa sangrai 2 sendok makan

Bumbu Halus Grombyang :

  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 4 butir
  • Merica butiran 1/2 sendok teh
  • Pala bubuk 1/4 sendok teh
  • Keluwak 2 butir
  • Jahe 1 centi meter
  • Kunyit 2 centi meter

Bahan Pelengkap :

  • Daun bawang 2 batang (iris halus)
  • Bawang goreng secukupnya

Bahan sambal Cabai Rawit :

  • Cabai rawit merah 15 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Garam 1/8 sendok teh

Proses Membuat Sambal Cabai Rawit :

  • Rebus cabai rawit merah dan bawang putih sampai layu. Angkat, tiriskan.
  • Tambahkan garam secukupnya, haluskan.

Cara Membuat Nasi Grombyang Pemalang :

  1. Langkah awal iris-iris tipis kecil daging sesuai selera, sisihkan.
  2. Kemudian tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi sedap dan matang.
  3. Masukkan air kaldu dan irisan daging.
  4. Masukkan semua bumbu lainnya, lalu masak sampai bumbu meresap dan daging benar-benar empuk.
  5. Koreksi rasa sampai pas gurih manisnya.
  6. Sajikan selagi hangat bersama bahan pelengkap seperti irisan daun bawang, bawang goreng, sambal rawit dan nasi putih pulen. Mantap!

Seperti rawon dan semur daging pada umumnya, nasi grombyang juga makin mantap di makan bersama emping melinjo goreng. Sajikan selagi hangat, untuk menu makan malam ataupun sebagai hidangan special saat lebaran Idul Fitri, Idul Adha dan tahun baru. Keluarga pasti suka!

Jangan Lewatkan : 2 Resep Bola Bola Tempe Crispy Isi Keju Mozarella

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang a.k.a Soto Grombyang Sedap.

Jika artikel ini di rasa bermanfaat, jangan lupa di share ya bun, terimakasih 🙂

8

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda