Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Enak Gurih Super Lembut

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Enak Gurih Super Lembut

Perkiraan 8–12 menit dibaca

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan : Hai Bunda Doyan Resep, apa kabar nih? Semoga selalu dalam keadaan baik dan dalam lindungan Allah SWT. Hemm, tak terasa Kurang lebih sudah satu minggu saya tidak update resep di sini. Kangen juga 🙁

Jadi ceritanya dari kemarin saya sedikit sibuk ngurusuin onlineshop. Alhamdulilah, menjelang bulan puasa banyak sekali pesanan Hijacket (Jaket Muslimah). Apa itu jaket muslimah yang sering di sebut jaket hijab? Kalau Bunda penasaran boleh mampir ke Olshop saya ya. Klik di sini hijacket.shop

Di sana ada beberapa jenis fashion jaket muslimah untuk hijabers yang ingin tampil modis dan fashionable tapi tetap berpenampilan syar’i. Yuk Bunda boleh belikan untuk putri tercinta, atau di pakai sendiri juga oke loh. Cocok digunakan untuk ke mall, pasar, kantor maupun traveling. Eeeit, kok jadi kepanjangan yang ngiklannya hihihi.

Sampai lupa kalau saat ini saya akan membagikan salah satu camilan favorit suami saya. Apa itu? Hem, cuma pempek sutra sih Bun. Kalau yang doyan update di grup masakan facebook pastinya sudah tidak asing lagi dengan resep pempek sutra ya. Ciri khas pempek sutra adalah rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut seperti sutera. Pempek khas Palembang yang satu ini memang beda dari kreasi olahan pempek lainnya yang sedikit keras dan alot.

Coba Juga : Cara Membuat Pempek Adaan Langsung Goreng Palembang

Untuk pempek sutra menurut saya rasa dan teksturnya hampir mirip dengan pempek dos ikan tengiri. Hanya saja untuk pempek sutra lebih lembut dan kenyal. Jadi ramah di makan oleh orang tua dan anak muda. Tinggal lap lep mantap, apa lagi kalau di sajikan bersama kuah cuko yang asam pedas manis dan kental. Uhh, mantap jiwa!

Resep pempek sutra ini termasuk ke kategori pempek tanpa ikan ya Bunsay. Jadi di buat memang tanpa menggunakan ikan tengiri. Tapi bisa di ganti dengan udang, agar rasanya gurih dan nikmat dimakan. Yah, walaupun banyak juga yang menambahkan ikan ke dalam adonan pempek sutra, mungkin memang khas pempek yang dibuat dari ikan kali ya. Jadi penggemar pempek pastinya ingin menikmati citarasa pempek yang special.

Kalau resep pempek sutra ala saya cukup pakai udang saja ya Bun. Tentunya lebih praktis dan mudah dibuat karena bahan-bahannya yang ekonomis dan terjangkau di cari dimana-mana. Selain bahan yang super irit, cara membuat pempek yang disebut juga empek empek sutra ini juga gampang sekali. Praktis, simple dan no ribet!

Baca Juga : Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang Kuah Gurih

Yaitu dengan cara mencampur semua adonan pempek jadi satu, aduk sampai tercampur dengan rata kemudian rebus dan goreng hingga matang. Namun sayangnya banyak sekali resep pempek sutra yang cara merebusnya dengan plastik mambo atau plastik es yang berbentuk panjang. Padahal kan tidak boleh merebus makanan apapun dengan plastik. Karena plastik memiliki kandungan yang sangat berbahaya dan memicu kangker. Duh serem sekali ya?

Saya juga ngeri pas pertama kali membaca review pempek sutra oleh salah satu food blogger yang saya baca di timeline facebook. Teganya dalam resep pempek tersebut merebus adonan dalam plastik mambo sampai mengapung di air mendidih. Dan sayangnya banyak sekali yang mengikuti 🙁 Ya Allah, semua orang juga ingin makan enak, tapi ya jadi Bunda yang smart juga dong. Kasian kan keluarga di kasih racun 🙁

Jadi untuk mengganti proses rebus merebus yang pakai plastik, saya ganti dengan menuangkan adonan ke dalam loyang lalu di kukus. Nah, dengan proses pembuatan pempek sutra seperti ini pastinya lebih sehat bukan?

Oke, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Plastik seperti berikut ini. Cekidot!

Step By Step Membuat Resep Pempek Sutra Palembang

Resep Pempek Sutra Palembang

Resep Pempek Sutra Palembang By Rose Shanty Cookpad

Bahan Bumbu Pempek :

  • Udang basah 100 gram, sisihkan kepala, kulit dan ekornya
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Kaldu bubuk rasa ayam (royco) 1 sendok teh (boleh skip, dan ganti dengan garam)
  • Air kaldu kepala udang 1 gelas belimbing
  • Tepung terigu 1 gelas belimbing
  • Tepung tapioka atau tepung kanji 1 gelas belimbing
  • Daun bawang 2 batang, iris halus
  • Telur 2 butir, kocok lepas
  • Minyak goreng 1 sendok makan

Proses Pembuatan Pempek Sutra :

  1. Air Kaldu Udang : Cuci bersih kepala dan kulit udang, lalu rebus dengan 1 1/2 gelas air dengan menggunakan api sedang. Biarkan mendidih dan airnya berkurang menjadi segelas. Angkat, sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet atau kain bersih, biarkan air untuk mengukusnya mendidih. Lapisi loyang dengan kertas roti atau daun pisang agar tidak lengket. Sisihkan.
  3. Bumbu Halus Pempek : Blender jadi satu udang, bawang putih, garam, gula, merica, kaldu bubuk dan air kaldu udang. Proses sampai bumbu benar-benar halus.
  4. Setelah itu campur menjadi satu bahan lainnya seperti tepung terigu, tapioka dan bumbu halus tadi. Aduk sampai rata, lalu tambahkan telur kocok dan minyak goreng. Aduk kembali sampai benar-benar rata. (Saya mixer sebentar saat mengaduknya, agar cepat rata dan halus. Bisa aduk manual pakai sendok atau whisk sampai rata dan adonan halus).
  5. Tuang adonan kedalam loyang yang sebelumnya sudah di beri alas kertas roti atau daun pisang, lalu kukus dengan menggunakan api sedang kurang lebih selama 20 hingga 25 menit sampai matang. Angkat, biarkan agak dingin. Lalu potong-potong sesuai selera.

Jangan ngaku makan pempek / pem-pek / pek apek kalau tanpa kuah cuko kental pedas manis gurih yang menemaninya. So tak lupa ketinggalan, saya juga akan membagikan resep kuah cuko yang enak sekelas kedai pempek Palembang. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Kuah Cuko Pempeknya, mari disimak!

Bahan Bumbu Kuah Cuko :

  • Ebi 1 sendok makan munjung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 5 buah (bisa disesuikan dengan selera)
  • Gula merah 2 blok kecil (sekitar 20-30 gram)
  • Garam 2 sendok teh
  • Air 2 gelas
  • Cuka masak 1 sendok teh atau air asam jawa 1 sendok makan

Cara Membuat Kuah Cuko Pempek :

  1. Langkah awal blender semua bahan menjadi satu sampai halus.
  2. Kemudian rebus dengan menggunakan api sedang sampai mendidih.
  3. Angkat, lalu saring agar kuah cuko jernih.

Cara Penyajian Pempek Sutra :

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian goreng pempek sutra yang sudah dipotong-potong tadi dengan menggunakan api sedang sampai berwarna kekuningan. Angkat tiriskan.
  2. Tips menggoreng pempek sutra adalah jangan menggunakan minyak yang terlalu panas.
  3. Penggunaan api juga sedang saja, jadi sewaktu pempek sudah berwarna kekuningan langsung angkat. Bertujuan agar pempek tidak meletus.
  4. Sajikan pempek bersama kuah cuko homemade dan potongan mentimun. Kalau ingin komplit bisa ditambahkan mie kuning dan soun saat penyajian. Maknyuss!!

Menurut saya dibandingkan membuat pempek jenis lainnya seperti pempek lenggang, pempek keriting, pempek tahu, pempek dos, pempek adaan, pempek kulit dan pempek pistel, pempek sutra ini yang paling mudah untuk dibuat oleh siapa pun termasuk pemula yang baru terjun ke dapur. Tentu saja karena resepnya simple, praktis dan cara buatnya super gampang dan anti gagal.

Jangan Lewatkan : Rahasia Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok NTB Yang Enak

So, mulai sekarang STOP merebus adonan pempek sutra ke dalam plastik es atau plastik mambo, karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Semoga adanya Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Enak Gurih Super Lembut ini dapat membantu Bunda untuk membuat pempek sutra yang sehat.

Semoga bermanfaat, silahkan share Bun. Terimakasih 🙂

Sumber Picture By www.buzzfeed.com & solo.tribunnews.com
9

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda