Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Renyah Gurih

Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Renyah Gurih

Perkiraan 11–16 menit dibaca

Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft – Walau lebaran masih jauh dari tiba, tapi tak ada salahnya kalau sesekali mencoba bikin kue kering yang menjadi menu wajib kala Idul Fitri. Sebenarnya kue kering kastengel ini bukan merupakan kue favorit saya. Rasanya yang asih gurih khas keju itulah yang menjadi alasan mengapa saya tidak terlalu suka dengan kastengel.

Bukan apa-apa, rasa keju di camilan seperti kue kering memang tidak begitu saya sukai. Beda lagi kalau rasa keju tersebut kuat terasa di puding, cheese cake atau saus lasagna dan spagetti. Jadi tak heran kalau kastengel merupakan kue yang tidak terlalu menggebu untuk saya coba. Walaupun banyak pembaca Doyan Resep yang sering menanyakan resep kastengel yang garing, renyah dan gurih.

Akhirnya kali ini saya eksekusi si kecil imut cookies dengan cita rasa keju yang gurih. Kebetulan ada keju cheedar yang lama di diamkan di kulkas. Nah, ternyata membuat resep kue kering kastengel keju kraft bukanlah hal yang sulit. Saya menggunakan resep dasar nastar sebagai acuan yang kemudian sedikit di modifikasi untuk menghasilkan kastengel yang cheesy, ringan dan garing.

Kue Lebaran Lainnya : Cara Membuat Nastar Keju Tanpa Oven dan Mixer, Lembut di Mulut

Menurut saya karena kue ini dikenal dengan rasa keju yang kuat dan nendang. Maka saran saya pilihkan keju dengan kualitas baik, seperti keju cheeddar dengan aroma yang kuat dengan teksture yang keras. Kalau hasil kastengelnya mau yang mantap, saya sarankan gunakan keju edam atau keju apel. Kenapa di sebut keju apel? Jawabannya karena keju edam berbentuk bulat dengan pembungkus merah seperti buah apel.

Bunda bisa temukan keju edam atau keju apel ini di supermarket besar. Keju ini bentuknya bulat seperti bola besar dengan permukaannya yang dilapisi dengan parafin (lilin) berwarna merah atau kuning. Umumnya di supermarket dijual dalam bentuk potongan seberat 250-300 gram. Nah, karena saya pengin yang ekonomis dan irit di kantong jadi saya gunakan keju cheddar nya kraft saja.

Hasilnya mantap loh, walaupun tidak menggunakan keju tua dengan aroma yang kuat. Kalau keju edam, semakin tua atau semakin lama masa simpannya maka keju akan semakin keras dan semakin kuat aromannya.

Untuk resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft kali ini saya menggunakan margarine mixed kiloan. Margarine ini merupakan tipe margarine campuran antara margarine dan mentega. Tentu saja Bunda bisa menggunakan margarine saja atau bisa dicampurkan dengan mentega Blue Band untuk rasa yang lebih mantap. Kombinasi keduanya akan memberikan hasil yang lebih baik.

Cicipi Juga : Resep Brownies Kukus Milo Keju Tanpa Mixer Lembut Super Nyoklat

Sebenarnya bisa 100% meggunakan mentega asli untuk adonan kastengelnya. Memang memberikan rasa dan aroma yang sedap namun akan membuat adonan menjadi lebih mudah meleleh dan rapuh. Yang paling ditakutkan saat membuat adonan kastengel dengan adonan mentega adalah kastengel meleber dan kurang rapih bentuknya. Ini terjadi karena mentega lebih mudah meleleh di suhu yang tinggi dan menurut saya kurang memberikan bentuk yang bagus.

Tips membuat Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft yang lezat adalah jangan sampai over mengocok adonannya. Kocok margarine dan mentega sampai warnanya berubah menjadi pucat dan teksturenya lembut saja. Kemudian baru masukkan telur ayam satu persatu. Bagi pemula atau yang baru belajar membuat kue, pastinya sering mengalami hal ketika telur dimasukan ke dalam kocokan mentega atau margarine maka adonan berubah menjadi bergerindil.

Ini terjadi karena saat telur belum terkocok sempurna anda telah memasukkan telur berikutnya. Jadi untuk tips praktisnya, pastikan saat mencampur adonan dengan telur masukkan telur satu persatu dan kocok masing-masing telur sampai tercampur dengan baik dengan adonan baru kemudian masukkan telur berikutnya. Jadi intinya memasukkan telur sekaligus banyak atau sedikit sama saja tidak memberikan kesempatan telur terkocok dengan baik. Atau bisa juga terburu-buru memasukkan telur berikutnya membuat cairan di adonan mentega menjadi berlebihan sampai menjadikan sulit untuk menjadi lembut atau smooth walau sudah dikocok dalam waktu yang lama.

Tak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat adonan menjadi lembut, kurang lebih hanya sekitar 10 menit saja. Setelah adonan lembut, masukkan keju parut lalu aduk sampai tercampur rata. Kalau saya mencampur tepung ke adonan dengan menggunakan spatula dan mengaduknya perlahan sampai adonan tercampur dengan baik. Saya ingatkan lagi ya, kendala membuat kue kering adalah kue yang menjadi bantat, kurang kering dan renyah. Dan biasanya ini terjadi karena over mixing, jadi kuncinya aduk adonan secukupnya saja.

Oke langsung saja yuk disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft

Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft

Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Via tuankoki.com

1 Resep Kastengel Keju ini menghasilkan 80-100 buah

Bahan-bahan :

  • Margarine 300 gram (saya pakai Baker’s mix campuran margarine-mentega), Bunda bisa gunakan komposisi 200 gram margarine dan 100 gram mentega
  • Kuning telur suhu ruang 2 butir
  • Telur suhu ruang 1 butir
  • Keju cheddar parut 300 gram, gunakan keju yang berteksture keras dan aroma yang kuat, sisihkan sekitar 4 sendok makan untuk hiasan atau topping kue kering kastengel (boleh pakai cheddar kraft atau keju edam)
  • Vanilla extract 2 sendok teh (optional, jika suka)
  • Susu bubuk full cream 2 sendok makan (optional, jika suka)
  • Tepung maizena 100 gram
  • Tepung terigu serbaguna atau protein sedang 350-400 gram, tambahkan tepung terigu jika adonan masih terasa berminyak dan lembek (bisa gunakan tepung terigu protein rendah)

Bahan Olesan :

  • Kuning telur 1 butir untuk mengoles + minyak goreng 1 sendok teh + air 1 sendok teh

Cara Membuat Kastengal Keju Cheddar Kraft :

  1. Langkah pertama siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi dasar loyang dengan kertas baking. Sisihkan. Panaskan oven, lalu set di suhu 165 derajat celcius.
  2. Selanjutnya parut keju memanjang, jangan lupa sisihkan 4 sendok makan keju untuk taburan. Sisanya untuk adonan, sisihkan.
  3. Ayak jadi satu tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan.
  4. Setelah itu siapkan mangkuk mikser, lalu masukkan margarine dan mentega, kocok dengan speed rendah sampai adonan tercampur dengan baik menjadi adonan yang halus, lembut dan berwarna pucat. Masukkan kuning telur dan telur satu per satu sambil terus di mixer/kocok. Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang dan kocok sampai adonan menjadi berwarna agak putih, mengembang dan lembut. Kurang lebih selama 10 menit.
  5. Langkah berikutnya turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, lalu masukkan parutan keju, kocok sampai tercampur rata lalu matikan miksernya. Lepaskan alat pengocok, selanjutnya kita akan mencampurkan tepung dengan menggunakan spatula.
  6. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur dengan baik. Jangan berlebihan mengaduknya, karena akan membuat kue menjadi keras dan bantat.
  7. Jika adonan telah tercampur dengan baik, hentikan mengaduknya. Letakkan selembar kertas baking di meja datar. Kemudian ambil sebagian adonan, letakkan di atas kertas baking, lipat kertas sampai sebagian menutupi permukaan adonan, lalu tekan dengan telapak tangan agar agak pipih lalu gilas dengan kayu penggilas sampai ketebalan 1 cm.
  8. Selanjutnya potong-potong memanjang dengan lebar 1cm, paling mudah memotongnya dengan scrapper adonan yang tipis. Kemudian potong masing-masing adonan sepanjang 4cm. Tata masing-masing potongan adonan ke loyang yang telah disiapkan tadi. Tidak perlu memberi jarak yang terlalu berjauhan antar adonan kue, olesi permukaanya dengan kuning telur kocok dan taburi dengan keju parut.
  9. Terakhir panggang kue kurang lebih selama 20 menit atau sampai permukaannya menjadi kuning keemasan dan bagian dasarnya terlihat agak kecoklatan. Makin lama dipanggang kue akan semakin kering dan renyah. Keluarkan dari oven lalu dinginkan di rak kawat, lalu simpan di dalam wadah atau toples yang tertutup rapat.
  10. Kastengel siap disajikan bersama aneka kue kering khas Lebaran lainnya seperti lidah kucing, rainbow cake, putri salju, kacang bawang, kue coklat, stick keju, kembang goyang, kacang goreng, astor, wafer, lontong paris dll. Mantap! Yummy & cheesy.

Tips Sukses Membuat Kastengel Keju Kraft Pangang :

  1. Pastikan telur terkocok rata dengan adonan mentega sebelum memasukkan kuning telur berikutnya. Cara ini untuk mencegah mentega menjadi menggumpal dan bergerindil (curdle). Memasukkan telur sekaligus atau tidak memeberikan kesempatan telur tercampur dengan baik dan terburu-buru memasukkan telur berikutnya akan membuat terlalu banyak cairan di dalam mentega secara sekaligus sehingga kocokan mentega atau margarine menjadi menggumpal.
  2. Untuk takaran tepung terigu saya gunakan tepung terigu antara 350 sampai 400 gram. Ini tergantung dari kelembaban tepung terigu yang digunakan dan kondisi mentega. Kalau adonan terasa lembek maka tambahkan bertahab sedikit demi sedikit porsi tepung sampai adonan mengeras dan bisa dibentuk. Tambahkan porsi tepung terigu dari resep jika adonan masih terasa berminyak dan lembek.
  3. Jika ada keju yang berjatuhan di loyang jangan khawatir dengan serpihan kejunya. Bunda bisa gunakan spatula atau ujung pisau untuk menarik serpihan keju dan tempelkan ke kue terdekat. Cara ini membuat tidak ada remah keju yang terbuang dan kue pun menjadi lebih sedap.

Wah ternyata panjang juga ya saya nulisnya? Hihihi, moga tidak bosan dan semoga bermanfaat ya penjelasan yang saya bagikan mengenai kastengel kraft ini. Menurut saya kastengel ini merupakan kue kering lebaran yang special. Karena memang rasanya enak dan gurih. Kalau pengin yang ada rasa manisnya boleh di tambahkan sedikit gula pasir. Ini tips dari Bunda Diah Didi agar tidak eneg rasa kejunya yang super ngeju di setiap gigitan kastengel keju cheddar.

Jangan Lewatkan : Resep Bakpao Ubi Ungu a.k.a Bakpao Telu Empuk dan Mengembang

Walaupun kini banyak sekali kreasi kue kering kastengel keju yang sliweran dimana-mana. Mulai dari kastengel NCC, kastengel Ny Liem, Kastengel Blue Band, kastengel roti tawar, kastengel kukus, kastengel tanpa telur, kastengel tanpa oven, kastengel tanpa mixer, kastengel keju moo, kastengel Bunda Ricke dan Fatmah Bahalwan dan lain sebagainya. Tapi kastengel keju super renyah dan gurih ini wajib untuk dicoba.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Renyah Gurih.

Silahkan di share ya Bunda, semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

Just Try & Taste - Kastengel - Si Gurih Renyah dengan Cita Rasa Keju yang Nendang (kastengel JTT)

Wikipedia Indonesia - Keju Edam (edam cheese)
5

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda