Resep Keripik Pisang Manis Gurih Homemade Yang Cocok Untuk Jualan

Resep Keripik Pisang Manis Gurih Homemade Yang Cocok Untuk Jualan

Perkiraan 7–11 menit dibaca

Resep Keripik Pisang Manis GurihΒ : Bunda punya stock pisang mentah yang banyak dan bingung mau dibikin apa? Di Olah jadi keripik pisang saja Bun. Lumayan loh buat camilan keluarga saat bersantai, dibawa ke kantor buat cemilan sambil kerja atau bisa juga di jadikan bisnis keripik pisang rumahan yang menguntungkan. Asyiiikkk!

Cerita di balik resep keripik pisang yang saya bagikan hari ini adalah karena kebun pisang belakang rumah lagi panen. Jadi kemarin ada beberapa jenis pisang yang di ambil. Dari pisang raja, pisang ambon, pisang ampyang dan pisang kepok. Di antara jenis pisang yang saya sebutkan tadi yang kurang enak di jadikan buah adalah pisang kepok.

Iya memang benar kan ya, menurut saya kalau pisang kepok di jadiin pisang buah di makan gitu saja kok rasanya kurang mantap. Paling ya kalau terlanjur matang saya olah jadi pisang goreng, pisang rebus, cake pisang / bolu pisang, sale pisang dan pisang penyet. Nah, kebetulan waktu itu lagi pengin makan yang kriuk kriuk manis dan gurih. Akhirnya kepikiran dibuat keripik pisang manis asin gurih saja.

Baca Juga : Rahasia Lembutnya Rainbow Cake Kukus Ny Liem Irit Telur

Kenapa saya namai keripik ini keripik pisang manis gurih? Karena memang rasanya ada manis dari gula pasir, dan rasa gurih yang enyoy dari garam. Rasanya pas sekali di lidah, ada rasa manis asin di setiap gigitannya, mantap!

Cara membuat keripik pisang yang gurih tentu saja sangat mudah dan tidak sulit. Yang terpenting ada alat utamanya, yaitu alat pengiris atau pemotong serbaguna. Bunda bisa dapatkan pemotong serbaguna atau alat khusus pemotong pisang di pasar tradisional ataupun swalayan dibagian alat dapur / peralatan rumah tangga. Kalau alat pemotong punya saya warnanya orange, tapi ada juga yang bewarna hijau.

Satu alat ini berisi banyak pisau pemotong yang berbeda-beda kegunaannya. Pokoknya asik banget deh kalau sudah punya alat ini. Tinggal parut-parut saja kesana, jadi tak usah potong-potong lagi. Mau iris bawang tinggal parut, mau iris sayuran tinggal parut.

Setelah panjang lebar tentang alat, jadi sebenarnya keripik pisang yang juga disebut kripik pisang dan seriping pisang (bahasa Jawa) Β ini apa sih? Yuk melongok ke Wikipedia Indonesia sebentar πŸ™‚

Cicipi Juga : Resep Kue Putri Salju Pandan Kacang Tanah Renyah Lembut

Jadi keripik pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Umumnya keripik pisang mempunyai rasa asin dengan aroma bawang putih yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Namun karena banyaknya pecinta keripik pisang, kini keripik pisang sudah memiliki beragam variasi rasa. Yang terkenal saat ini adalah keripik pisang coklat khas Lampung. Keripik pisang coklat yang satu ini dibuat melalui proses oven dan bukan digoreng sehingga bisa lebih bertahan lama renyahnya.

Selain itu juga ada juga kreasi keripik pisang lainnya seperti keripik pisang asin margarin, keripik pisang manis caramel, keripik pisang coklat keju, keripik pisang mocca, keripik pisang susu, keripik pisang gula tepung / gula icing, keripik pisang susu dan keripik pisang strawberry. Jadi tak heran lagi dong kalau keripik pisang kini memiliki banyak penggemar seperti olahan keripik tempe, keripik singkong, keripik kentang. keripik oncom, keripik usus dan aneka jenis keripik lainnya.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Keripik Pisang Manis Gurih seperti berikut ini. Cekidot!

Step by Step Membuat Keripik Pisang Manis Asin Gurih

Keripik Pisang Manis Asin Gurih

Keripik Pisang Manis Asin Gurih By DiannaFoodDiary Cookpad

Bahan – bahan Keripik Pisang :

  • Pisang kepok tua yang masih hijau kulitnya (belum matang) 1 sisir
  • Minyak goreng 2 liter
  • Gula pasir 50 gram
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Air panas 200 mili liter

Langkah Membuat Keripik Pisang Manis Gurih :

  1. Pertama-tama pilih pisang yang masih keras dan masih hijau kulitnya. Kupas kulitnya, kemudian masukkan ke dalam air yang sudah diberi sedikit garam yang bertujuan agar pisang tidak cepat menjadi biru dan menghitam.
  2. Sementara itu panaskan minyak goreng.
  3. Menunggu minyak panas, mari kita buat larutan gula nya. Yaitu dengan cara larutkan gula dan garam dalam air panas, kemudian aduk sampai rata. Sisihkan.
  4. Kalau minyak sudah panas, serut pisang dengan alat pemotong serbaguna atau pisau khusus untuk menyerut keripik pisang langsung di atas minyak panasnya. Boleh bentuk bulat, boleh bentuk panjang. (saya bikin sebagian bulat, dan sebagaian memanjang)
  5. Selanjutnya goreng sampai agak kering, kecilkan api kemudian masukkan 1 sendok sayur larutan bumbu gula.
  6. Aduk perlahan sampai kering dan menjadi kuning keemasan (suara berisiknya hilang). Angkat lalu tiriskan minyaknya.
  7. Dinginkan, lalu masukkan ke dalam toples kaca atau toples besar.
  8. Yuhuuu, keripik pisang manis gurih siap untuk di nikmati. Nyamm!

Done, akhirnya keripik pisang manis gurih yang merupakan makanan ringan tradisional selesai dibuat juga. Awalnya keripik memang memakai umbi-umbian sebagai bahan dasarnya. Namun kini banyak keripik yang terbuat dari buah dan sayur seperti keripik cabai, keripik apel, keripik sukun dan kreasi keripik yang udah saya sebutkan di awal parafgraf.

Jangan Lewatkan : Resep Kue Kering Kastengel Keju Kraft Renyah Gurih

Selain inovasi bahan utama, untuk rasanya pun kini tidak lagi cuma asin dan manis. Tapi ada kreasi baru rasa layaknya keripik Maicih yaitu balado, baberque, rumput laut, lada hitam, keju dan masih banyak lagi macamnya.

Bagi pemula mungkin akan susah bagaimana caranya agar hasil keripik pisang manisnya panjang dan tidak patah-patah saat di goreng. Dengan ini saya akan memberikan sedikit tips atau kunci sukses membuat keripik pisang manis gurih yang cocok untuk jualan ini. Yuk di simak πŸ™‚

Tips Membuat Keripik Pisang Agar Enak, Renyah dan Tidak Patah

  1. Agar pisang tidak remuk atau patah saat penggorengan pastikan bahwa pisang masih mentah dan di serut dengan pisau khusus untuk keripik.
  2. Pastikan pisau serutannya tajam dan satu kali serut ke satu arah. Jangan maju mundur gerakan menyerutnya, agar hasilnya bagus. Boleh serut bulat dan serut bentuk panjang.
  3. Jangan lupa serut langsung pisang di atas minyak saat akan di goreng. Jangan di serut banyak dulu baru di goreng nanti hasilnya tidak bagus dan keripik jadi gampang remuk.
  4. Selain itu jangan lupa gunakan minyak panas saat menggoreng agar hasilnya renyah.
  5. Terakhir jangan di aduk terus saat di goreng, sesekali saja mengaduknya biar keripik tidak patah saat di goreng.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Keripik Pisang Manis Gurih Homemade Yang Cocok Untuk Jualan. Dari bahan-bahan, cara membuat dan tips membut keripik pisang manis asin gurih agar hasilnya bagus, renyah, tidak mudah patah dan layak dijual.

Kalau mau di jual Bunda bisa atur berat keripik pisang manis gurih sesuai pasaran harga ya. Mulai dari 1/4 kg, 1/2 kilo sampai kiloan.

Semoga selera dan bermanfaat ya Bun πŸ™‚

Mari di SHARE Bunda πŸ™‚

4

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda