Resep Kue Kering Janda Genit Tanpa Telur a.k.a Cookies Monde KW

Resep Kue Kering Janda Genit Tanpa Telur a.k.a Cookies Monde KW

Perkiraan 6–9 menit dibaca

Resep Kue Kering Janda Genit : Kue kering janda genit? Hihihi kok bisa ya Bun. Nama kue kering khas lebaran Idul Fitri yang satu ini memang sedikit nyleneh namanya. Yah apapun itu, yang jelas rasa dari kuker janda genit ini sangat enak dan renyah. Kalau menurut saya sih rasanya mirip sekali dengan cookies Monde. Makanya saya namai kue kering janda genit ini sebagai cookies Monde Kw 🙂

Asal usul dari resep kue kering janda genit ini belum jelas adanya. Saya juga nggak tahu kenapa di namai kue janda genit. Padahal kan warna kue ini nggak ungu, yang ada malah warnanya mirip Kue Nastar yang berwarna kekuningan. Terus juga kue kering ini nggak pakai bulu mata sambil kedip-kedip ya, tapi kok genit sih? Hehehe aneh memang ya.

Cicipi Juga : Resep Kue Cubit Green Tea Matcha Coklat Keju Empuk

Yowis gak pelu pusing-pusing darimana asal muasal kue kering janda genit ini. Yang penting jangan berfikir yang aneh-aneh tentang kue kering janda genit. Tapi coba aja dibikin di rumah buat stock kue kering menjelang lebaran nanti. Pasti seru deh kalau kue kering janda genit berjejer bareng jenis kue kering yang terkenal seperti Kue Nastar Keju, Kue Kering Kastengel Keju Kraft, Kue Putri Salju Pandan Kacang Tanah, kacang bawang dan lain sebagainya.

Cara membuat resep kue kering janda genit tentu saja sangat mudah, praktis dan no ribet. Untuk resep aslinya pakai tepung terigu cakra, tapi kali ini saya ganti dengan tepung terigu segitiga. Terus di dalam resep kue kering janda genit asli pakai tepung maizena dan butternya hanya 25 gram. Jadi menurut saya kurang nendang rasanya.

Baca Juga : Rahasia Lembutnya Rainbow Cake Kukus Ny Liem Irit Telur

Jadi resep ini sudah di modifikasi sesuai selera lidah saya ya. Rasanya sama-sama enak dan super renyah. Bunda bisa sesuaikan dengen selera juga ya. Kalau hasil dari resep kue kering janda genit versi saya rasanya enak, gurih, renyah dan krenyess di mulut. Gurih karena saya tambahi penggunaan butternya. Endess lah!

Yuk bagi yang pengin coba membuat kue kering a la Monde sendiri di rumah, langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Kering Janda Genit seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Resep Kue Kering Janda Genit

Kue Kering Janda Genit

Rahasia Renyahnya Kue Kering Janda Genit

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu segitiga 250 gram
  • Tepung maizena 50 gram
  • Gula halus 75 gram (boleh pakai 100 gram jika suka manis)
  • Minyak sayur atau minyak goreng 125 mili liter
  • Susu bubuk Dancow putih 1 sachet
  • Butter wisjman 50 gram
  • Margarin 25 gram

Bahan Pelapis :

  • Tepung panir 50 gram atau secukupnya
  • Chocochip coklat atau yang rainbow warna-warni secukupnya

Langkah Membuat Kue Kering Janda Genit :

  1. Pertama-tama sangrai tepung terigu dengan menggunakan api kecil (jangan sampai kuning ya, aduk terus). Angkat, dinginkan.
  2. Selanjutnya campur semua bahan yang di atas seperti butter, susu, margarine, tepung terigu, maizena, minyak sayur kecuali panir dan chocochip. Aduk semua bahan sampai merata dengan baik. Boleh di tambahkan garam dan essence butter kalau suka. Biar rasanya makin manis dan gurih yang nendang di setiap gigitannya.
  3. Setelah itu bentuk bulet sebesar kelereng, guling ke panir, kemudian tengahnya di beri chocochips. Tata di loyang yang sebelumnya sudah di olesi butter dan jangan lupa beri jarak antara kue yang mau dipanggang. Soalnya kue akan menggembang, bertujuan agar kue tidak saling menempel.
  4. Oven atau panggang sampai cookies matang kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Silahkan sesuaikan panas oven yang digunakan ya. Angkat, dinginkan lalu masukan ke toples atau wadah kedap udara.

Untuk bulatan nggak usah di penyet-penyet karna takut adonan kue ga membesar ya Bun. Biarkan saja nanti adonan akan melebar dan besar sendiri. Terus untuk mengovennya jangan overcook ya, nanti tepung panirnya jadi berwarna golden brown layaknya nugget goreng hihihi. Tampilannya jadi kurang cantik deh ntar, secukupnya saja sampai berwarna kekunigan langsung angkat saja ya.

Selain cara membuat kue kering janda genit di atas, Bunda juga bisa buat dengan cara lain. Seperti mencampurkan margarin, butter, gula halus, garam dan vanili lalu kocok bentar saja. Masukan minyak, lalu aduk sampai rata. Baru deh masukkan tepung-tepungan. Butter boleh pakai 25 gram kalau Bunda ga mau yang ceper-ceper banget. Kalau saya sih tadi pakai 50 gram ya.

Hasilnya renyah, walaupun saya gak pakai obat perenyah apapun. Rahasia renyahnya kue janit memang ada di pemakaian butter atau margarin ya Bun. Lebih enak lagi kalau pakai Blue Band Cake and Cookies atau royal palmia. Karena kedua jenis margarine ini merupakan campuran margarine dan butter yang bikin cookies menjadi renyah dan gurih.

Jangan Lewatkan : Resep Brownies Kuksu Milo Keju Tanpa Mixer Lembut Super Nyoklat

Oh iya, kalau mau cookies ini semakin cantik tampilan balutannya, Bunda bisa pakai tepung roti warna putih kemudian blender sebentar sampai agak halus. Baru deh di pakai untuk taburan kue kering janda genit, di jamin makin cantik dan rapih deh tampilannya. Layaknya kreasi kue janda genit lainnya seperti kue kering Janda Genit Gula Merah khas Sulawesi selatan, Kue Janda Berenang, Kue Janda Haji, Kue Janda Berhias, Kue Janda Gula Merah, Kue Janda Sederhana, Kue Kering Janda Genit Coklat Cinnamon dan Kue Janda Genit Ncc

Wowkeh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Kering Janda Genit Tanpa Telur (Eggless) a.k.a Cookies Monde KW yang asik dijadikan saat lebaran dan natal di rumah.

Jika di rasa bermanfaat, silahkan di SHARE ya Bun. Makasih 🙂

Sumber : 
Astrie Anjar - Janda Genit Eggless (#PR_Kuekering)
Kheyla's Kitchen - Monde / janda genit tanpa telur
6

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda