Resep Es Cendol Durian Bandung Seger Anti Gagal

Resep Es Cendol Durian Bandung Seger Anti Gagal

Perkiraan 6–9 menit dibaca

Resep Es Cendol Durian Bandung – Sebentar lagi menjelang bulan Ramadhan, yeaaahhh! Mulai nyicil menu yang seger-seger buat menu buka puasa di tahun 2018 ini ya.

Untuk sajian berbuka puasa yang pertama, kali ini saya akan membagikan salah satu minuman favorit sejuta umat asal Bandung yang super seger. Bernama es cendol durian, minuman dingin ini merupakan kreasi baru dari resep es cendol sederhana atau original.

Coba Juga : 3 Resep Asinan Rambutan Kekinian Kiamboy Nanas dan Kedondong 

Walaupun sekarang ada olahan es cendol nangka, namun tetap es cendol durian Bandung menurut saya yang paling mantap. Bagi Anda penyuka buah durian, mungkin ini cara baru menikmati buah durian yang super legit dan menggigit di lidah.

Cerita tentang resep es cendol Bandung, dulu saya pernah bikin cendol dari tepung hunkwe. Tapi sayang hasilnya kurang memuaskan. Jadi hari ini saya coba resep cendol durian yang menggunakan tepung beras. Kebetulan ada stok tepung beras di rumah, jadi manfaatin saja dari pada bingung mau di buat apa.

Simak Juga : Resep Es Lilin Durian Bandung Kekinian Cukup 6 Bahan 

Menurut saya rasanya sudah okey, karena menggunakan daun pandan. Sebenarnya sih lebih mantap perpaduan daun suji dan daun pandan, warnanya lebih bagus dan rasanya lebih enak. Tapi karena susah cari daun sujinya, jadi saya cuma pakai daun pandan saja.

Cara membuat cendol sendiri tentu saja cukup mudah dan praktis. Resep es cendol durian ini juga sudah di uji coba, jadi InsyaAllah anti gagal jika di pratekkan di rumah.

Untuk membuatnya cukup masak bahan tepung dan adonan air pandan sampai mengental dan berwarna hijau bening. Bila menggunakan pewarna alami pandan kurang ngejreng warnanya, Bunda boleh tambahkan sedikit saja pewarna makanan warna hijau.

Baca Juga : Resep Membuat Bolu Gulung Durian Panggang Empuk dan Ekonomis 

Untuk membuat minuman bersantan yang paling cocok dan sehat menurut saya menggunakan santan segar yang tidak lewat proses pemasakan. Mamah saya juga kalau bikin selalu pakai santan segar.

Untuk mendapatkan santan segar, harus di pastikan kelapa harus di parut sendiri dan diperas menggunakan air hangat dan matang. Keuntungan memakai santan tanpa di masak adalah hasil santannya tidak pecah dan tentunya wanginya lebih segar.

Tapi berhubung saya beli kelapa parutnya di pasar yang belum bisa dijamin kehigienisan alat parutnya, jadi kali ini saya masak santannya. Jaga-jaga saja biar aman dari sakit perut.

Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Es Cendol Durian Bandung yang bisa Bunda pratekkan di rumah.

Step by Step Membuat Resep Es Cendol Durian Bandung

resep es cendol durian

Es Cendol Durian Runtuh – Credit : steemit.com

Bahan Bumbu Cendol :

  • Daun pandan 20 lembar
  • Air 750 mili liter
  • Tepung beras 100 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Secukupnya pewarna makanan warna hijau

Bahan Kuah Santan :

  • Santan 1 liter
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam 1/2 sendok teh

Bahan Saus Gula Merah :

  • Air 100 mili liter
  • Gula merah 200 gram

Bahan Bumbu Fla Durian :

  • Lempuk Durian khas Bengkalis 1 buah
  • Air 200 mili liter
  • Santan 100 mili liter
  • (Jika tidak ada lempuk durian di rumah, teman-teman bisa menggunakan durian segar dengan cara mengambil daging buahnya dan pisahkan dari bijinya)

Topping / Bahan Campuran :

  • Buah durian yang matang dan legit sesuai selera (Kupas buah durian segar dengan cara mengambil daging buahnya dan di pisahkan dari bijinya)
  • Es batu secukupnya

Langkah Membuat Es Cendol Durian Khas Bandung :

  1. Cendol : Pertama-tama blender daun pandan bersama 250 mili liter air. Setelah halus, saring dan buang ampas pandannya. Di dalam panci tambahkan 500 mili liter air di hasil saringan daun pandan. Tambahkan tepung beras, tepung tapioka, garam, dan pewarna makanan secukupnya. Masak sampai kental dan agak bening.
  2. Setelah adonan agak berwarna hijau bening, matikan api. Dan masukkan adonan cendol ke dalam cetakan cendol lalu cetak dan tampung cendol ke dalam wadah yang berisi air dingin. Masukkan ke dalam kulkas sebentar biar cendol kenyal dan tidak gampang putus. Buang airnya dan ambil cendolnya.
  3. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Kuah Santan : Campurkan semua bahan kuah santan, masak sampai mendidih. Matikan api, sisihkan.
  5. Saus Gula Merah : Campurkan air dan gula, masak sampai larut dan mendidih. Lalu saring kuah gula merah biar tidak ada res-resnya.
  6. Fla / Vla Durian : Potong-potong lempuk durian, lalu blender menggunakan air 200 mili liter. Setelah halus masukkan ke dalam panci kecil. Tambahkan 100 mili liter santan, lalu masak sampai mendidih dan aduk sampai tercampur rata.
  7. Penyajian : Tata es batu, cendol ke dalam gelas atau mangkok saji, siram kuah santan secukupnya di susul saus gula merah sesuai selera. Terakhir masukkan fla durian dan buah durian secukupnya.
  8. Sajikan selagi dingin, mantap!

Sajian resep es cendol durian bandung ini jika di lihat tampilannya mirip sekali dengan Es Dawet Ayu Asli Banjarnegara.

Sampai sekarang saya juga bingung apa yang membedakan dari kedua minuman bersantan tersebut. Mungkin untuk es dawet ayu Banjarnegara merupakan sebutan es cendol di sana. Atau ada bahan lainnya yang membedakan antara kedua minuman tersebut.

Selain dawet ayu, untuk daerah Jawa khususnya Purworejo disana juga terkenal akan lezatnya dawet ireng (cendol hitam) khas jembatan Butuh yang unik.

Jangan Lewatkan : Resep Es Susu Pensil Durian Gula Asli dan Tanpa Bahan Pengawet

Bahkan kini juga muncul kreasi es cendol modern yang cendolnya berwarna-warni cantik yang terkenal dengan sebutan es cendol pelangi (es cendol rainbow).

Untuk lebih jelasnya InsyaAllah besok-besok saya ulas mengenai es dawet ayu dan beragam jenis cendol kekinian ya.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Resep Es Cendol Durian Bandung Seger Anti Gagal. Semoga sesuai selera ya 🙂

Jika ada peluang usaha, Bunda boleh coba jual es cendol fla durian di sekitar rumah. Atau bisa dibuat untuk konsumsi sendiri bersama keluarga tercinta.

Semoga bermanfaat 🙂

2

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda