Jangan Salah Paham! Ini Dia Yang Harus Diketahui Tentang Susu Kental Manis

Jangan Salah Paham! Ini Dia Yang Harus Diketahui Tentang Susu Kental Manis

Perkiraan 6 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Susu Kental Manis Bukan Untuk di Seduh – Berita susu kental manis yang katanya tidak mengandung susu beberapa waktu lalu memang meresahkan masyarakat. Namun harus diketahui terlebih dahulu manfaat kental manis itu sendiri. Jangan langsung berpikir ABCD yang membuat kita parno sendiri mengenai produk kental manis yang beredar di Indonesia.

Sebenarnya saya tidak ingin membahas kontroversi berita susu kental manis yang tidak mengandung susu ini. Tapi karena kebanyakan Resep Es Susu Pensil saya menggunakan kental manis. Jadi kayaknya saya harus berbagi informasi sekaligus mengedukasi tentang susu kental manis menurut sepengetahuan saya sendiri. Jika nanti ada yang salah, mohon dikoreksi ya. Jadi kita sama-sama belajar dan memahami si manis kental manis ini.

Berawal dari pertanyaan salah satu customer yang biasa belanja Kemasan Es Pensil ke saya. Beliau bertanya : Bun, saya mau tanya tentang isu susu kental manis tidak mengandung susu yang di berita. Resep es yang Ibu share kan selalu menggunakan susu kental manis dan di beri gula pasir lagi, padahal kental manis sendiri dibuat dari gula, apa ngga jadi penyebab diabetes Bun?

Baik, saya coba jawab di sini ya Bun.. semoga bisa sama-sama saling belajar memahami dan mengetahui tentang susu kental manis.

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Creamer / Susu Kental Manis

susu kental manis

BPOM : Kental Manis Tak Mengdung Susu – Credit : @detikfood

Jadi susu kental manis dengan segala pro dan kontranya, merupakan salah satu produk yang memang tidak boleh dikonsumsi dengan cara diseduh. Tapi hanya untuk pendamping makanan saja. Di sini mungkin adanya kekeliruan iklan produk tersebut yang menampilkan anak kecil mengkonsumsi satu gelas creamer kental manis yang diseduh dengan air.

Sehingga banyak masyarakat yang mengira bahwa susu kental manis merupakan produk susu yang bisa menjadi pengganti susu sapi murni, susu bubuk dan aneka produk susu kemasan lainnya. Jadi intinya krimer kental manis yang mengandung gula cukup tinggi ini tidak boleh dikonsumsi dengan cara diseduh, namun hanya untuk pendamping makanan saja. Misalnya untuk topping Jasuke, Brownies, aneka Es Krim, Es Kepal dan sajian manis lainnya boleh dikonsumsi.

Jadi intinya susu kental manis yang kini berganti menjadi kental manis ini disetarakan dengan sirup bukan susu seperti yang gencar diiklankan. Maka dengan ini Resep Es Pensil dan aneka Es Mambo saya untuk kental manisnya tidak dimasak di atas api. Alasannya adalah karena kadar gula yang tinggi tidak baik jika dipanaskan di atas api. Walaupun kental manis sendiri siap diseduh dengan air mendidih.

Pada dasarnya kental manis itu sudah berbahan matang bukan mentah. Jadi sesuatu yang matang jika dipanaskan kembali di atas api tidak baik untuk pencernaan nantinya. Mungkin hal ini tidak terlihat dalam waktu dekat, tapi akan berpengaruh dalam waktu jangka panjang. Jadi kental manis itu seperti sirup yang dapat di minum langsung alias bahan siap pakai, bukan bahan yang harus diolah kembali.

Dan untuk kental manis yang tidak baik di konsumsi oleh bayi, ini memang benar. Tapi bayi kan tidak makan es Bun. Jadi jika susu kental manis dipakai untuk adonan es, sebagai pelengkap minuman dan makanan masih bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Jadi sekarang yuk mari ubah pemikiran masyarakat dan iklan yang sudah terlanjur terekam dalam benak tentang kental manis yang diminum layaknya susu menjadi kental manis yang dipadu roti sebagai pelengkap, Martabak Lengang, Kue Cubit dan untuk bahan minuman.

Mudah-mudahan sudah jelas ya, bahwa susu kental manis yang katanya tidak mengandung susu ini tidak boleh dikonsumsi dengan cara diseduh dan dikonsumsi oleh balita. Tapi HANYA untuk bahan pelengkap!

Konsumsi secukupnya saja, karena memang pada dasarnya semua yang berlebihan itu tidak baik. Sejak kapan Es Mambo Spidol tidak manis? Kalau tidak manis bukan Es Mambo namanya. Betul kan?

Beberapa kata yang tepat untuk mengakhiri review tentang susu kental manis ini adalah sebetulnya hanya iklannya saja yang salah, bukan produknya 🙂

Bagaimana menurut Anda? Apakah masih mau mengkonsumsi SKM / kental manis?

Demikian artikel mengenai Harus Diketahui Tentang Susu Kental Manis. Semoga bermanfaat 🙂

1

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda