Resep Rahasia Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok NTB Yang Enak

Resep Rahasia Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok NTB Yang Enak

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Perkiraan 7 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok – Malam minggu kemarin saya dan suami sudah niat sekali membuat ayam bakar taliwang sendiri di rumah. Karena memang sudah lama rasanya saya tidak menikmati lezatnya ayam taliwang lagi karena warung ayam bakar taliwang langganan saya tidak buka lagi. Entah abang-abangnya pindah atau tutup selamanya, yang jelas sampai sekarang saya belum ketemu tempat ayam bakar taliwang yang sama enaknya.

Kebetulan saya lagi punya pemanggang arang baru, jadi niat membuat ayam taliwang homemade sangat disetujui suami. Sampai-sampai pagi buta suami ngajakin ke pasar untuk mencari bahan-bahan yang di butuhkan. Memang apa-apa kalau dibuat sendiri itu lebih irit dan super hemat. Bayangkan saja bahan paket ayam bakar taliwang lengkap dengan plecing kangkung dan beberuk terongnya hanya butuh uang Rp 50.000 saja.

Baca Juga : Resep Nasi Grombyang Khas Pemalang a.k.a Soto Grombyang Sedap

Padahal kalau makan di resto harga paket ayam bakar taliwang komplitnya saja sudah puluhan ribu per porsi-nya. Wah mantap jiwa, harus siap merogoh kantong cukup dalam nih kalau makannya bawa rombongan keluarga. Hehehee pikiran a la emak-emak memang gini ya Bun, apa-apa harus di pikir dulu. Takut uang belanja dan shopping-nya tidak cukup untuk sebulan.

Memang sih proses pembuatan ayam bakar taliwang khas Lombok ini butuh tenaga extra dan butuh waktu yang sedikit lama dibanding saat memesan di restauran. Tapi percayalah, rasa puas muncul saat mulai merasakan gigitan pertama ayam taliwang yang Bunda buat. Asli rasanya enak sekali, tak jauh beda dari rasa ayam bakar taliwang yang dijual di kedai atau resto ayam taliwang. Selain itu, porsi makannya pun bisa di sesuaikan selera.

Cicipi Juga : Resep Ayam Balado Pedas Manis

Oh iya, bdw bunda sudah tahu belum ya asal usul dari ayam bakar taliwang ini? Kalau ada yang belum tahu, saya jabarkan sedikit ya. Semoga sedikit membantu dan menambah wawasan Bunda tentang ayam taliwang.

Jadi versi Wikipedia, ayam taliwang adalah salah satu ayam bakar yang dibuat dengan bahan utama daging ayam dengan bumbu ayam bakar sederhana pada umumnya. Bumbu yang digunakan antara lain cabai merah kering (bisa diganti dengan cabai merah), bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kemiri, gula merah dan garam.

Nama Taliwang sendiri berasal dari sebuah kampung yang menjadi asal muasal kuliner sedap ini yaitu Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Bagi pecinta kuliner pedas, ini dia salah satu resep ayam bakar berbumbu yang patut untuk di coba! Ciri khas ayam bakar taliwang memang pedas gurih ya bun, very very delicious.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang NTB seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Via visitbogor.com

Bahan Bumbu Ayam Taliwang :

  • Ayam kampung 1 ekor (700 gram), belah dua tidak putus (jika bosan ayam, bisa diganti daging bebek dan ikan)
  • Air jeruk limau 1 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Santan 300 mili liter, dibuat dari 1/2 butir kelapa
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula merah sisir 1 sendok teh
  • Minyak 3 sendok makan (digunakan untuk menumis)

Bumbu Halus Taliwang :

  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 7 siung
  • Cabai merah besar 2 buah, dibakar
  • Cabai merah keriting 7 buah, dibakar
  • Kemiri 5 butir, disangrai
  • Terasi 1 1/2 sendok teh, disangrai

Rahasia Mengolah Ayam Bakar Taliwang :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Bakar di atas bara api sambil dibolak-balik sampai setengah matang. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi sedap.
  3. Kemudian masukkan santan, garam, dan gula merah sisir. Aduk rata, dan masak sampai mendidih.
  4. Masukkan ayam, lalu masak terus di atas api kecil sampai meresap dan matang sempurna (daging empuk) hingga bumbu menyusut.
  5. Terakhir bakar ayam di atas bara api sambil di olesi sisa bumbu ayam taliwang. Jangan lupa bolak-balik sampai tercium aroma harum.
  6. Angkat, sajikan selagi hangat dengan nasi pulen, sambal dan lalaban. Mantap!

Wangi bumbu dengan campuran santan yang dibakar di atas arang, benar-benar menghasilkan wangi ayam bakar yang menggugah selera. Sebenarnya jika tidak ada pembakaran arang, Bunda bisa mencoba menggantinya dengan di bakar di atas teflon, double pan atau oven. Tapi menurut saya wanginya sangat berbeda, kurang endes dan maknyuss kalau kata Ibu-ibu yang di grup masakan mah.

Waktu kemarin saya belum sempat memosting resep plecing kangkung khas Lombok dan beberuk terong nya. Saya sengaja pisah resepnya agar mudah di carinya. Jadi mungkin besok atau lusa baru tuliskan di blog tercinta saya ini DoyanResep.com.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Rahasia Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok NTB Yang Enak. Jangan lewatkan masakan lainnya dari kami seperti Resep Opor Ayam Tahu Kuning Special Kuah Gurih khas lebaran yang enak dan gurih di makan bersama irisan ketupat.

Semoga bermanfaat, mari di share Bun, terimakasih 🙂

11

Ada 2 unek-unek di bawah ini

  1. Jossy
    13 Agustus 2017
    • Desiana Prasetya
      15 Agustus 2017

Tulis unek-unek Bunda