Resep Baceman Bawang Putih, Rahasia Agar Masakan Seenak Resto dan Tips Agar Awet

Resep Baceman Bawang Putih, Rahasia Agar Masakan Seenak Resto dan Tips Agar Awet

Perkiraan 7–10 menit dibaca

Resep Baceman Bawang Putih – Lihat bawang putih bagus-bagus banget di bakul bumbu langganan di pasar, jadi inget pengin bikin baceman bawang putih yang katanya bikin masakan enak layaknya di resto. Hemm, jadi penasaran.

Awal tau resep baceman bawang putih ini, tau dari paman saya yang dulunya menjual nasi goreng. Kata beliau, baceman bawang putih inilah rahasia agar nasi goreng terasa enak dan lezat. Sehingga berbeda rasanya dengan nasi goreng rumahan yang biasa kita buat.

Baca Juga : Resep Lumpia Indomie Goreng Kekinian Enak Gurih

Cara membuat resep baceman bawang putih tak membutuhkan waktu lama, cukup dua hari saja sudah bisa digunakan untuk memasak.

Caranya adalah cincang bawang putih, haluskan kemiri dengan minyak kemudian tambahkan minyak wijen secukupnya. Terakhir kemas bumbu masak baceman bawang putih ke dalam wadah kedap udara, diamkan selama 2 hari, jadi deh!

Coba Juga : 3 Resep Donat Indomie Goreng Viral (Donut Indomie), Seenak Apa Sih?

So, di namakan baceman bawang bukan berarti bawang putih yang masak bumbu bacem ya. Tapi bawang putih mentah yang di fermentasi menjadi bumbu dasar untuk tumisan seperti Capcay, Nasi Goreng, mie goreng, Ayam Koloke, Ayam Suwir, cah kangkung, Ayam Mentega, dan aneka masakan chinese food lainnya.

Menurut pengalaman, semakin lama di simpan hasil dari resep baceman bawang putih ini akan semakin kuat rasanya. Jadi semakin enak dan nikmat buat masakan, harumnya pun sungguh khas dan menggoda.

Untuk uji coba pertama, saya tadi bikin nasi goreng saja yang simpel dan praktis dibuat. Ternyata memang benar, rasanya jadi lebih enak dan lebih harum.

Kalau buat bumbu instan nasi goreng, kita tidak perlu lagi menggunakan bawang putih lagi. Begitu juga ketika di pakai saat memasak masakan lainnya.

Simak Juga : Cara Membuat Pentol Setan Surabaya (Bakso Daging Sambal Pedas)

Tips sukses membuat resep baceman bawang putih kualitas terbaik atau premium dan anti gagal adalah gunakan bawang putih mentah yang masih baru dan segar.

Jangan pakai bawang putih yang kisut-kisut atau sudah berwarna hitam. Karena itu sudah jamuran bawangnya, dan kalau Bunda menemukan bawang putih yang sedikit menghitam, bawang harus di cuci bersih lalu keringkan sampai benar-benar kering.

Penggunaan bawang juga jangan digoreng, karena hasil baceman bawang nya jadi kurang strong aromanya dan malah jadi tengik jika di simpan lama.

Wajib Di Coba : Resep Chicken Taiwan Shihlin Crispy (Ayam Goreng Taiwan)

Beda dengan penggunaan bawang mentah yang di simpan lama di campuran minyak goreng dan minyak wijen ini. Semakin lama malah semakin enak dan kuat aromannya.

Tapi walaupun begitu, sebaiknya jangan terlalu banyak ketika membuatnya. Secukupnya saja ya, sesuai kebutuhan saja.

Soalnya kan kadang kita teledor, misal mengambil sebagian baceman bawang lupa nutup atau menyimpannya kurang bersih nanti malah cepet jamuran.

Jadi lebih baik, bikin baru saja misalnya mau nyetok terus tiap minggu gitu. Dan saya ingatkan juga, ketika mengambil baceman bawang putih dari wadah juga harus memakai sendok bersih dan kering.

Nah bagi yang penasaran yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Baceman Bawang Putih seperti dibawah ini.

Step by Step Membuat Resep Baceman Bawang Putih Untuk Masak

resep baceman bawang putih

Resep Baceman Bawang Putih – Credit : @sendysenn

Bahan Bumbu Baceman Bawang Putih :

  • Bawang putih 200 gram
  • Kemiri besar 2 butir
  • Minyak wijen 2 sendok makan
  • 300 – 350 ml minyak goreng kualitas baik (Saya pakai Bimoli)

Langkah Membuat Resep Baceman Bawang Putih :

  1. Kupas bawang putih, cuci lalu tiriskan sampai benar-benar kering.
  2. Tumbuk kasar lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya tumbuk kemiri sampai benar-benar halus lalu campurkan ke tumbukan bawang putih.
  4. Letakkan adonan bawang ke dalam toples atau wadah kedap udara yang tertutup rapat, kemudian campurkan minyak wijen dan minyak sayur atau minyak goreng (untuk banyaknya minyak sayur tergantung toples masing-masing yang digunakan. Kalau nanti minyaknya habis tapi bawangnya masih banyak bisa ditambahkan minyaknya lagi ke dalam toples).
  5. Aduk sampai benar-benar rata, pastikan bawang terendam sempurna.
  6. Tutup rapat lalu baceman bawang putih baru bisa digunakan 1-2 hari kemudian.

Tips Sukses Membuat Resep Baceman Bawang Putih :

  1. Sebenarnya tidak ada patokan untuk komposisi bahan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Pastikan bawang dan kemiri benar-benar kering, jangan sampai ada air setetespun yang masuk, ini bertujuan agar bawang tetap awet dan terjaga rasanya.
  3. Gunakan minyak wijen yang berkualitas baik (misalnya merk pagoda atau lowo), ciri minyak wijen yang baik adalah jika ditaruh di kulkas dia tidak akan memebeku, kalau di taruh kulkas beku berarti minyak wijen kualitasnya kurang bagus.
  4. Gunakan minyak goreng atau minyak sayur dengan kualitas bagus, tidak di sarankan untuk menggunakan minyak curah atau los yang dijual dipasar karena akan menyebabkan bawang jadi tengik.
  5. Resep baceman bawang putih ini sebagai pengganti bawang putih segar, jadi saat ditumis bisa ditambahkan dengan bawang merah, cabai dan rempah-rempah lainnya.
  6. Jika tidak punya stok minyak wijen sebenarnya bisa bikin baceman bawang putih tanpa minyak wijen, untuk rasa tetap enak kok.  Tapi untuk hasil yang premium harus pakai minyak wijen.

Tips Agar Baceman Bawang Putih Awet dan Tahan Lama :

  1. Baceman bawang ini semakin disimpan lama, semakin enak rasanya. Tetapi lebih baik tidak membuatnya dalam jumlah terlalu banyak.
  2. Seminggu pertama letakkan di suhu ruangan, baru setelahnya boleh di simpan dilemari es.
  3. Untuk memperpanjang usia baceman, jangan sampai terkontaminasi air atau bahan lainnya. Gunakan sendok yang kering dan bersih untuk mengambilnya dari wadah atau toples.

Demikian mengenai Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Baceman Bawang Putih Anti Gagal dan Tips Agar Awet dan Tahan Lama secara lengkap. Yang merupakan salah satu penyedap rasa alami khas Indonesia. Cukup mudah bukan?

Oh iya, coba juga kue kering lebaran terbaru dari Doyanresep.com seperti Tutorial Resep Nastar Bentuk Buah Karakter Lucu dan Unik  yang sayang sekali jika terlewatkan.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :
Baceman Bawang - Bunda Diah Didi
7

Ada 2 unek-unek di bawah ini

  1. jafr
    Juni 5, 2018

Tulis unek-unek Bunda