Cara Masak Dengan Metode 5-30-7 Fah Umi Yasmin Yang Bisa Bikin Irit Gas

Cara Masak Dengan Metode 5-30-7 Fah Umi Yasmin Yang Bisa Bikin Irit Gas

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Perkiraan 8–11 menit dibaca | Jangan lupa follow IG @doyanresep ya!

Cara Masak Dengan Metode 5-30-7 – Metode memasak 5-30-7 ini lagi viral banget di grup masakan Facebook Langsung Enak. Di sana banyak Ibu-ibu yang mencoba memasak dengan metode 5-30-7 yang diklaim bisa mengirit gas elpiji.

Cara masak dengan metode 5-30-7 ini di percaya dapat membuat daging empuk walaupun waktu perebusan relatif singkat. Karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, Anda sudah mendapatkan daging empuk yang mirip dengan cara memasak daging berjam-jam.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang Enak Praktis

Selain daging-dagingan, ternyata banyak bahan makanan yang terkenal cara masaknya cukup lama dapat enak dan empuk dengan metode ini. Misalnya seperti kikil, krecek, babat, ceker ayam, daging ayam, kacang hijau, beras yang dibuat lontong atau ketupat, kacang, beras ketan putih/hitam, sagu mutiara, ubi, singkong, jengkol dan masih banyak yang lainnya.

Nah bagi yang bingung sebenarnya bagaimana sih cara masak dengan metode 5-3-7 ini? Yuk disimak sedikit penjelasannya secara singkat seperti dibawah ini agar tidak salah kaprah dalam memahaminya.

Apa Itu Cara Masak Dengan Metode 5-30-7?

Jadi 5.30.7 itu merupakan metode memasak dengan 5 menit perebusan, diamkan perebusan selama 30 menit dengan posisi kompor dalam keadaan mati dan panci tertutup rapat, kemudian rebus kembali selama 7 menit. Cara ini berlaku untuk semua masakan apa saja seperti contoh bahan yang sudah Saya sebutkan di atas.

Setelah mendalami proses cara masak dengan metode 5-30-7 ini ternyata Saya baru tahu bahwa merebus daging 5 menit awal itu dihitung setelah air mendidih. Jadi didihkan air secukupnya terlebih dahulu, setelah itu baru masukkan bahan yang akan di masak selama 5 menit, lalu matikan kompornya selama 30 menit.

Tanpa disadari saat api kompor dimatikan, proses pematangan masih berlangsung secara alami loh. Walaupun kompor dalam keadaan mati, karena air rebusan masih panas sehingga bisa membantu membuat daging atau bahan lainnya mematangkan dengan sendirinya.

Hal ini mengingatkan saya kepada proses penggorengan kacang tanah. Mengapa saat mengoreng kacang tanah sebaiknya goreng sampai setengah matang atau sampai kacang berwarna kuning keemasan saja, dan tidak boleh sampai matang atau terlalu berwarna kecoklatan?

Jawabannya adalah karena kacang tanah akan terus mematangkan sendiri secara alami walaupun kacang sudah di angkat dari minyak. Nah bagi yang selalu pahit ketika menggoreng kacang tanah, boleh dicoba nih tips menggoreng di atas.

Simak Juga : Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Blender Yang Mudah

Lanjut ke metode memasak 5 30 7, setelah ditelusuri ternyata cara masak dengan metode 5-30-7 ini dipopulerkan oleh Fah Umi Yasmin. Tujuan penggunaan cara memasak ini adalah untuk mengirit pemakaian gas elpiji. Seperti yang kita tahu, untuk merebus daging sampai empuk, dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam dan itu sama saja dengan membuang-buang gas.

Pasti sebel kan kalau merebus daging dengan cara normal, karena bisa memakan waktu 45 menit sampai berjam-jam pemakaian gas. Apa lagi kalau bikin rendang atau masakan daging sapi seperti kalio, wah harus membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk mendapatkan tekstur rendang yang empuk dan lunak.

Nah dengan cara masak metode 5.30.7 Fah Umi Yasmin ini pemakaian gas pun bisa berkurang, karena total pemakaian hanya sekitar 12 sampai 15 menit saja untuk mendapatkan daging yang empuk dan lunak. Wow lumayan sekali bukan?

Jangan Lewatkan : Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri dan Kuah Bakso Gurih

Walaupun begitu, namun sebenarnya metode memasak 5-30-7 Umi Yasmin ini tidak mempercepat waktu memasak, namun kabar baiknya adalah pemakaian gas dapat berkurang, tentunya bagi Ibu rumah tangga hal ini akan memangkas biaya belanja bulanan di rumah.

Sudah banyak Ibu-ibu di grup masakan Facebook dan juga Instagram yang mempratekkan memasak dengan metode Umi Yasmin dan hasilnya selalu sukses. Selain dagingnya matang sempurna, hasilnya pun sangat empuk dan tidak alot seperti sudah direbus lama.

Nah untuk memperjelas cara perebusananya, maka kali ini Doyanresep.com akan mencoba membagikan resep bubur kacang hijau dan cara merebus daging dengan metode 5-30-7, berikut langkahnya :

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau Dengan Metode 5-30-7

Cara Masak Dengan Metode 5-30-7

Cara Masak Dengan Metode 5-30-7 : Credit – Mamakey

Bahan Bubur Kacang Hijau :

  • Kacang hijau 250 gram
  • Air 600 mili liter
  • Gula merah 200 gram
  • Gula pasir 30 gram
  • Garam secukupnya
  • Jahe 2 ruas jari, iris dan geprek
  • Daun pandan 2 helai, ikat simpul
  • Santan Kara segitiga 1 bungkus

Langkah Merebus Bubur Kacang Hijau Dengan Metode 5-30-7 :

  1. Langkah pertama, cuci bersih kacang hijau.
  2. Selanjutnya rebus air, jahe dan daun pandan sampai mendidih, masukkan kacang hijaunya.
  3. Masak selama 5 menit, sampai bergolak lalu matikan apinya.
  4. Tunggu dan diamkan selama 30 menit, jangan lupa tutup pancinya. Setelah itu biasanya kacang hijau akan mekar dengan sendirinya dan menjadi setengah matang.
  5. Selanjutnya masak kembali bubur kacang hijau selama 7 menit. Jangan lupa masukkan sedikit garam, gula pasir dan gula jawa atau gula merahnya, aduk rata.
  6. Sesaat akan dimatikan apinya, segera masukkan santan, yang bertujuan agar lemak nabati tidak rusak. Cicipi rasanya, harus ada rasa manis dan gurihnya.
  7. Aduk rata, dan bubur kacang hijau siap disantap selagi hangat.

Bagaimana mudah bukan membuat bubur kacang hijau dengan metode memasak 5 30 7 ini? Coba ingat-ingat berapa lama tuh ketika membuat bubur kacang hijau dengan cara memasak seperti biasanya? Mungkin butuh waktu 30 menit agar kacang hijau dapat mekar dan juga empuk tidak ada yang keras.

Setelah kacang hijau, berikut ini adalah contoh merebus daging menggunakan metode 5-30-7 Umi Yasmin yang bisa diterapkan pada kebanyakan masakan yang menggunakan bahan dasar daging sapi, daging ayam, kikil dan bahan lainnya seperti yang sudah saya sebutkan diawal paragraf.

Cara Merebus Daging dengan Teknik 5 30 7 Umi Yasmin

cara merebus daging dengan teknik 5 30 7

Cara Merebus Daging dengan Teknik 5 30 7 @samsiahadam

  1. Pertama-tama rebus air secukupnya dalam panci berpenutup sampai mendidih.
  2. Masukkan irisan daging, dan rebus selama 5 menit.
  3. Setelah lima menit, matikan kompor dan tutup pancinya, lalu diamkan selama 30 menit. Dalam proses ini sebaiknya tutup panci jangan terlalu sering dibuka, cukup sekali saja, bahkan lebih baik jangan dibuka dan percaya saja daging akan empuk tanpa di tes keempukannya.
  4. Setelah 30 menit, baru hidupkan kembali api kompornya, dan masak kembali selama 7 menit.
  5. Matikan apinya setelah tujuh menit. Bisa juga diamkan dulu sebentar biar makin empuk dagingnya sebelum nantinya di olah menjadi masakan favorit.
  6. Angkat dan daging bisa langsung dimasak dengan berbagai bumbu. Mudah bukan?

Bagaimana Bu, apa berniat mencoba mempratekkan Cara Masak Dengan Metode 5-30-7  ini di rumah? Selain untuk masakan, Anda juga bisa mencoba mempratekkan metode memasak 5.30.7 ini saat proses masak nasi di magic com loh, biar makin hemat listrik.

Demikian mengenai cara masak kacang hijau dengan metode memasak 5 30 7 dan cara memasak daging dengan metode 5.30.7 Umi Yasmin, cukup mudah di mengerti dan di pahami bukan?

Jika artikel Cara Masak Dengan Metode 5-30-7  ini di rasa bermanfaat, jangan lupa di share ke media sosial Ibu dengan meng-KLIK tombol SHARE di bawah ini ya, terimakasih 🙂

Ada 2 unek-unek di bawah ini

  1. tipscara
    6 Desember 2018

Tulis unek-unek Bunda