Cara Membuat Perkedel Jagung Tumbuk Special Renyah

2.1K

Cara Membuat Perkedel Jagung – Selamat pagi, rencananya mau masak apa hari ini bu ibu? Kalau saya masih suka bingung mau masak apa untuk tiap harinya. Bahkan malam hari sebelum bobo syantik sudah kepikiran mau masak apa lagi besok.

Tapi nanti sampai tukang sayur biasanya jadi amburadul semua rencana semalam. Karena dari rumah pengin beli apa, ehhh malah yang dibeli nggak masuk daftar belanja. Ada yang pernah mengalami seperti saya? 😀

Simak Juga : Resep Pepes Tahu Kemangi Khas Sunda dan Tips Memasaknya Agar Enak dan Anti Gagal

Nah dari pada mumet-mumet akhirnya bikin yang gampang-gampang saja deh, seperti perkedel jagung ini. Nanti tinggal bikin Sayur Asem, Goreng Ayam, dan bikin Sambel saja. Pasti orang rumah pada suka.

Soalnya perkedel jagung yang juga disebut dadar jagung, empal jagung, perkedel jagung dan ada yang bilang bakwan jagung ini salah satu gorengan favorit keluarga setelah Tempe Mendoan dan Tahu Goreng.

Rasanya dari jutaan kudapan yang ada di seluruh dunia, yang paling sulit orang Indonesia lewatkan ya ini ya bu ibu “Gorengan”. Apa lagi perkedel jagung renyah dan gurih ini. Rasanya pas goreng saja nyomot-nyomot mulu kebablasan hihihi.

Loading...

Perkedel jagung atau bakwan jagung ini bisa dibikin pedas dengan ditambah irisan cabai rawit ke dalam adonan, dan bisa dibikin tidak pedas untuk anak-anak. Kalau bikinnya nggak pedas tinggal cocol aja ke saus, sambal kecap atau nyigit cabe rawit pas makan. Rasanya sudah enak banget. Cocok buat camilan saat hujan begini dan untuk lauk tambahan menu makan sehari-hari.

Baca Juga : Resep Oseng Mercon Daging Sapi Khas Jogja Super Pedas

Tips sukses membuat perkedel jagung agar tidak meledak saat digoreng adalah goreng adonan dengan minyak yang cukup banyak dan menggunakan api sedang saja.

Kemudian jangan lupa sisir jagung manis yang digunakan dan ulek kasar jagung agar tidak meledak saat digoreng nanti. Dengan cara sederhana ini hasil dari perkedel jagung yang dibuat juga lebih cantik dan crispy.

Cara Membuat Perkedel Jagung

Siapa yang berani menolak gorengan yang terbuat dari jagung ini? Rasanya yang crispy di luar namun empuk di dalam ini cocok dimakan di segala suasana dan enak jadi lauk pendamping yang praktis dibuat.
Porsi 1 Porsi
Waktu Persiapan 10 menit
Total Waktu 30 menit

Bahan-bahan

  • Jagung 2 buah, serut
  • Daun bawang 1 batang, iris halus
  • Seledri 2 batang, iris halus
  • Telur 1 butir, kocok lepas
  • Tepung terigu 4 sdm
  • Tepung beras 1 sdm
  • Garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe merah 1 buah (boleh diganti 2 cabe merah keriting)

Langkah-langkah

  • Pertama-tama uleg kasar jagung yang sudah diserut tadi.
  • Lalu campurkan ulegan jagung dengan bumbu halus dan bahan lainnya. Aduk rata.
  • Goreng adonan dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang saja sampai matang atau berwarna kekuningan.
  • Angkat, tiriskan dan sajikan selagi hangat.
Calories: 260kcal
Course: Camilan
Cuisine: Indonesian
Keyword: bakwan jagung, Gorengan, perkedel jagung

Penggunaan telur dan tepung beras membuat perkedel jagung jadi lebih garing, kriuk, dan renyah dibandingkan perkedel jagung tanpa telur. Namun semua kembali ke selera ya, kalau mau bikin perkedel jagung yang empuk maka bisa di skip telur dan tepung berasnya.

Selain di tumbuk kasar, anda juga bisa membuat perkedel jagung parut dengan tekstur jagung yang lebih lembut dan empuk.

Cara Membuat Perkedel Jagung – @dellasuzura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Close
Dibuat penuh dari Banyumas.
Close