Cara Membuat Serabi Saus Kinca Anti Gagal dan Berserat

Cara Membuat Serabi Saus Kinca Anti Gagal dan Berserat

Diperbarui pada Perkiraan 6 menit dibaca

Cara Membuat Serabi Saus Kinca – Versi Wikipedia Indonesia, kue serabi, sorabi, surabi atau srabi merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Saat ini ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (saus gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya.

Di Bandung pada umumnya serabi dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang enak dan khas. Aroma serabi yang dimasak dengan tungku sangat sedap sehingga dapat menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Untuk variasi lainnya dari serabi adalah menggunakan telur ayam sebagai toppingnya. Telur ayam ini dikocok hingga rata dan ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Rasanya sangat unik, jadi sesekali Anda wajib untuk mencoba serabi telur ayam ini!

Baca Juga : Cara Membuat Butter Rolls (Roti Mentega Gulung) Super Lembut

Karena perkembangan zaman dan banyak orang yang berkreasi dengan resep serabi kuah kinca, maka banyak pula yang berkreasi mengganti kuah kinca dengan topping lainnya seperti potongan sosis, parutan keju maupun mayonaise yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan biasa saja.

Pada umumnya tempat yang menyajikan serabi aneka topping yang bervariasi rasa ini tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bogor.

Mungkin sebagian orang bingung dengan adanya kue serabi, sebab di setiap daerah ada aneka jenis serabi yang berbeda dari serabi pada umumnya seperti serabi solo dan kue ape yang merupakan serabi Jakarta.

Kedua jenis serabi ini hampir sama, hanya saja untuk serabi solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Serabi solo yang khas dari Jawa Tengah ini umumnya terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan sedikit tepung, sehingga memiliki citarasa yang gurih. Serabi solo juga memiliki topping yang beraneka rasa seperti potongan buah pisang, nangka dan juga meises serta keju jika suka. Srabi solo ini terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Srabi Notosuman).

Loading...

Simak Juga : Cara Membuat Kue Pukis Empuk dan Mengembang

Sedangkan untuk kue ape alias kue serabi Jakarta umumnya berbentuk menyerupai pancake. Karena bentuknya yang unik, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai kue tetek terutama jika dicampur dengan susu. Kue yang biasanya dijajakan di jalan atau di depan sekolahan ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur susu, yang memiliki variasi warna dan bertopping keju dan meises cokelat warna-warni di atasnya.

Nah sudah cukup jelas kan perbedaan aneka kue serabi yang ada di Indonesia? Untuk itu langsung saja yuk disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Serabi Saus Kinca yang manis dan gurih seperti berikut ini.

Step by Step Resep dan Cara Membuat Serabi Saus Kinca

cara membuat serabi saus kinca

Cara Membuat Serabi Saus Kinca – Credit : @cynthiahali

Bahan Kue Serabi :

  • Santan 500 mili liter
  • Tepung terigu 175 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Telur 1 butir, kocok lepas
  • Air jus daun suji 50 mili liter (dari 25 lembar daun suji dan 4 lembar daun pandan)
  • Baking powder 1 sendok teh

Bahan Saus Kinca / Saus Gula Jawa :

  • Santan 400 mili liter
  • Gula merah atau gula jawa 125 gram, sisir halus
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Serabi Saus Kinca :

  1. Pertama-tama rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ambil 450 mili liter santan. Biarkan hangat.
  2. Aduk rata tepung terigu, garam, dan telur. Masukkan santan dan air daun suji sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai rata, kalis dan tidak ada yang bergerindil. Keplok-keplok adonan dengan centong selama 20 menit. Diamkan 30 menit.
  3. Tambahkan baking powder, aduk rata.
  4. Selanjutnya tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Biarkan berlubang. Kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang.
  5. Saus Kinca : Rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
  6. Sajikan serabi bersama sausnya.

Ini merupakan resep serabi pandan kuah kinca, jika ingin berwarna-warni maka buat dua adonan putih dan pandan. Atau bisa juga bagi adonan dalam resep ini menjadi dua bagian, gunakan air atau jus pandan sujinya secukupnya saja di salah satu adonannya.

Jangan Lewatkan : Resep Gerubi Kremes Ubi Gula Merah Yang Gurih dan Renyah

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Serabi Saus Kinca, semoga bermanfaat 🙂

4
Loading...

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda