Resep Kue Cucur Gula Merah yang Lembut, Berserat dan Anti Gagal

485

Resep Kue Cucur Gula Merah – Kue cucur merupakan salah satu kue basah tradisional Indonesia dengan citarasa manis gurih yang lezat. Karena rasanya yang enak, sehingga kue cucur tak hanya hits dan populer di Indonesia saja. Namun jajanan pasar yang satu ini juga terkenal di negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Dan kini menjadi kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara.

Di negara Thailand, kue cucur seringkali menjadi hidangan special di sebuah acara festival dan pernikahan. Sedangkan di Malaysia, istilah cucur lebih ditunjukan untuk jenis kudapan yang digoreng. Di Brunei dan Borneo Malaysia (Sabah dan Sawak), kue cucur dikenal dengan sebutan Pinjaram.

Baca Juga : Resep Apam Balik (Ban Jian Kueh Malaysia) Super Empuk

Berbicara kue cucur, makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren / gula merah / gula Jawa yang kemudian di goreng hingga matang. Kue ini berbentuk bundar dengan ciri khas bagian tengahnya yang menonjol atau tebal mengembung seperti gunung dan tipis di bagian pinggirannya.

Masyarakat Thailand percaya bahwa kue ini mirip sekali dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi tanah yang tidak subur atau kering.

Konon, kue cucur yang populer sebagai resep kue cucur Betawi dari Jakarta ini, melambangkang cinta dari pasangan yang baru menikah dan akan semakin sukses dan bahagia dalam kehidupannya setelah menikah. Sehingga masyarakat Thailand sering menampilkan kue cucur di upacara pernikahan dan acara special lainnya.

Loading...

Simak Juga : Resep Bolu Kukus Gula Merah Tintin Rayner Yang Lembut, Wangi dan Anti Gagal

Kue cucur paling enak dinikmati saat kondisi masih panas, atau sesaat setelah digoreng. Karena kue cucur hangat masih bertekstur lembut, berwarna cantik dan juga wangi gula merah yang khas.

Berbeda jika menyantap kue cucur dingin (yang sudah di diamkan beberapa saat), biasanya tekstur kue cucur akan berubah menjadi lengket, bantet dan juga berminyak sehingga kurang mantap di makan. Walaupun demikian, kue cucur menjadi makanan adat yang harus di hidangankan pada saat upacara-upacara budaya Betawi.

Saat ini ada dua macam resep kue cucur yang biasa dijual di pasaran. Yang pertama, kue cucur gula pasir dengan ciri berwarna merah muda. Dan yang kedua adalah resep kue cucur gula merah dengan ciri berwarna
kecoklatan dan aromanya lebih wangi dibanding yang menggunakan gula pasir.

Variasi resep kue cucur atau kuih cucur modern ada kue cucur pandan, kue cucur rasa taro, kue cucur red velvet, kue cucur coklat dan masih banyak lainnya.

Wajib Dicoba : Cara Membuat Resep Churros Donat Spanyol yang Renyah

Sering kali kita harus ke pasar atau membelinya di luar untuk menemukan kue cucur yang enak. Padahal jika mau mencoba, kita bisa membuat kue cucur sendiri dirumah.

Jika kesulitan membuatnya, maka anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dan mengikuti proses pembuatan resep kue cucur gula merah ala doyanresep.com seperti di bawah ini.

Resep Kue Cucur Gula Merah

Kue tradisional yang saat ini sudah jarang ditemui di pasaran, dapat anda buat sendiri dengan mengikuti resep kue cucur berikut ini.
Porsi 20 Buah
Waktu Persiapan 20 menit
Total Waktu 55 menit

Bahan-bahan

Bahan Kue Cucur

  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung terigu 25 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Gula merah 100 gram, sisir tipis
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 375 mili liter
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Resep Kue Cucur Gula Merah

  • Masak air bersama gula merah, gula pasir, serta daun pandan, masak hingga air mendidih dan gulanya larut sempurna. Angkat, lalu saring dan biarkan hangat. Sisihkan.
  • Dalam wadah, campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam. Aduk hingga semua rata.
  • Tuangkan air larutan gula hangat sebanyak 250 mili liter ke dalam adonan tepung beras tadi, kemudian uleni adonan menggunakan tangan.
  • Setelah adonan menggupal, lanjutkan uleni selama 10 menit.
  • Tuang sisa air gula sambil terus di uleni hingga adonan sedikit menjadi encer.
  • Tepuk-tepuk adonan dengan tangan selama 15 menit. Tutup adonan atau wadah, diamkan selama dua jam.
  • Panaskan minyak dalam wajan cekung. Kalau kalian menggunakan wajan serabi, tuang 3-4 sendok makan minyak goreng untuk satu buah kue cucur.
  • Ambil satu sendok sayur adonan, lalu tuang atau kucurkan adonan dan goreng dalam minyak panas.
  • Biarkan hingga mengembang dan terbentuk serat di permukaan kue.
  • Angkat lalu tiriskan (masak adonan sampai habis).
  • Kue cucur siap disajikan.
Calories: 226kcal
Course: Snack
Cuisine: Indonesian
Keyword: Kue Basah, Kue Cucur, Kue Tradisional, Resep Kue Cucur

Tips Memasak Kue Cucur Yang Enak dan Anti GagaL :

  1. Takaran minyak yang digunakan harus tepat, gunakan sekitar 3-4 sendok makan minyak goreng dalam menggoreng dalam satu buah kue.
  2. Tusuk bagian tengah dengan lidi dan ciprati minyak saat menggoreng. Tujuanya untuk mendapatkan bentuk kue cucur yang bagus dan matang merata sampai ke dalam.
  3. Aduk adonan sesaat sebelum menuangkanya kedalam wajan supaya tepung yang mengendap kembali tercampur rata.
  4. Gunakan wajan cekung dengan ketebalan yang cukup agar kue tidak mudah hangus.

Demikian artikel mengenai Resep Kue Cucur Gula Merah yang enak dan anti gagal, jika anda menggunakan bahan-bahannya sesuai takaran dan mengikuti proses pembuatannya dengan benar.

Jangan Lewatkan : Resep Mochi Gulung Isi Kacang Wijen Rumahan (Mochi Roll) Yang Enak, Simple dan Mudah Dibuat

Sajikan kue cucur hangat untuk teman minum teh dan ngopi bersama keluarga tercinta, atau bisa juga dijadikan isian snack box, sajian arisan dan pernikahan, serta sebagai kudapan enak di acara spesial lainnya.

Selamat mencoba

Gambar Kue Cucur Gula Merah - @linasutiono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Close
Dibuat penuh dari Banyumas.
Close