6 Makanan Yang Wajib Kamu Tau Kalau Punya Suami Orang Sunda

166

Mengintip budaya Sunda, apa saja sih makanan khas dari sunda yang enak dan unik? Yuk lanjut dibaca artikelnya ya!

Ada suka dukanya punya suami orang sunda. Sukanya orangnya nggak pemilih soal makanan. Tapi dukanya kita harus rajin bikin sambel dadakan dan wajib banget ada sayuran mentah buat lalaban serta kerupuk. Karena katanya makan kurang lengkap dan nggak nikmat tanpa ke 3 makanan ini.

Belum lagi kalau lagi kangen ke makanan khas Sunda seperti nasi liwet, karedok, lotek, soto Bandung, peyeum, seblak, gepuk, mie kocok, dan asinan. Duh, siap-siap deh uprek di dapur buat bikin makanan ini.

Baca Juga: Resep Bakso Aci Kuah Super Kenyal Tidak Alot Khas Garut

Tips bagi kamu yang akan menikahi orang Sunda, saya selaku korban orang sunda yang ganteng (hehehe) akan memberikan beberapa informasi penting agar kamu di sayang mertua dan suami. Yuk disimak!

Kebiasaan Makan Orang Sunda :

  1. Kalau ada makanan kuah seperti sop, soto, laksa atau sayur asem, kamu wajib banget memisahkan wadah antara makanan berkuah khas Sunda dengan masakan kering. Karena orang Sunda umumnya tidak suka mencampur hidangan kuah ke dalam piringnya. Namun harus di pisah seperti tata cara makan orang Korea. Berbeda kalau orang Jawa tengah, umumnya suka mencampur masakan kuah ke dalam piring.
  2. Sambel dadakan dibuat dari cabe mentah yang diuleg dengan bawang putih, bawang merah yang dibumbui garam dan penyedap rasa. Terkadang bisa ditambahkan cikur (kencur) dan jahe jika suka. Ini cabenya tidak di goreng layaknya sambal terasi yang sering kita buat ya. Dan bikinnya pas mau makan, makanya disebut sambal dadakan. Berikut Resep Sambal Goang Dadakan yang layak untuk dicoba.
  3. Umumnya orang tua Sunda sangat menyukai ikan asin. Mereka sering menyebutnya asin. Ikan asin yang jadi favorit adalah ikan jambal, peda, ikan asin layur, jambal roti, teri, dan masih banyak yang lainnya.
  4. Jangan sesekali kamu menolak jika ada saudara atau kerabat yang sedang botram atau cucurak. Kamu wajib banget ikut bergabung untuk menikmati hidangan yang sedang disantap saat itu. Karena dengan ikut bergabung menikmati hidangan, kamu sudah menghormati tradisi turun temurunnya orang Sunda.
  5. Jangan lupa menggoreng tempe, tahu dan bala-bala (bakwan goreng sayur), karena orang Sunda sangat suka ketiga gorengan ini.

Baca Juga: Baca Juga: Cara Membuat Seblak Basah Ceker Kerupuk Mie Super Komplit

Nah itulah beberapa kebiasaan makan orang Sunda yang saya lihat dari pengalaman. Mungkin sebagian orang berbeda, maka kenali lebih dalam lagi pasangan masing-masing.

Bdw berbicara makanan khas Sunda, sebenarnya apa saja sih yang wajib kamu ketahui? Yuk langsung saja disimak penjelasannya seperti dibawah ini.

  1. Cireng
resep cireng tahu
Cireng by @mrs.wijaya

Siapa sih yang bisa menolak gurihnya cireng? Cireng merupakan makanan khas sunda yang terbuat dari aci yang goreng. Saat ini ada banyak kreasi cireng yang lezat. Salah satunya cireng crispy, cireng isi ayam suwir, cireng isi bakso pedas, cireng isi ati ampela, cireng kriwil, cireng krupuk, cireng tahu, cireng nasi dan masih banyak yang lainnya. Kreasi Resep Cireng Tahu Bumbu Rujak yang wajib dicoba.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom by @aiz.izzy

Wikipedia Indonesia nasi tutug oncom yang berasal dari bahasa Sunda sangu tutug oncom merupakan makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Makanan ini umumnya disajikan dalam keadaan hangat lengkap dengan lauknya seperti ayam goreng serundeng, Ayam Bekakak, tahu tempe goreng, lalab sayur mentah dan sambal. Nasi tutug oncom memiliki arti nasi yang ditumbuk dengan oncom.

Baca Juga: Resep Cilok Kuah Pedas Gurih Isi Telur Yang Enak, Kenyal, dan Anti Gagal

3. Mie Kocok

Mie Kocok by @jktfoodbang

Seperti namanya, mi kocok terbuat dari bahan mie yang dimasak dengan cara dikocok-kocok dalam alat mie seraya mencelupkannya ke dalam air panas hingga matang. Jenis mie yang digunakan adalah mi kuning gepeng yang bertekstur lebih lembut.

Makanan khas Sunda yang satu ini memiliki rasa gurih dari kaldu sapi. Mi kuning disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, lengkap ditemani irisan kikil (tendon kaki sapi), sayur tauge, bakso, serta taburan irisan seledri, daun bawang dan juga bawang goreng. Tak ketinggalan tambahkan air jeruk nipis, kecap manis dan sambal untuk menambahkan rasa segar pada kuah. Selain kikil, ada beberapa resep yang menambahkan babat sapi ke dalam mi kocok.

4. Lotek

Lotek Sunda by @doyanresep

Lotek merupakan makanan khas sunda yang unik. Sekilas lotek ini hampir mirip dengan Gado-gado, yaitu makanan yang terbuat dari rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa bumbu kacang yang dicampur sambal (cabe uleg) untuk mendapatkan rasa pedas manis asin yang diinginkan. Selain menggunakan kacang, lotek seringkali ditambahkan tempe dan di dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah serta bawang putih. Menurut saya, lotek terasa lebih manis dibandingkan pecel maupun Gado-gado. Bumbu lotek ini seringkali digunakan untuk membuat Karedok. Cuma bedanya karedok menggunakan sayuran mentah, dan disajikan bersama nasi hangat atau lontong lengkap dengan kerupuk yang cocok untuk menu makan siang yang nikmat dan murah meriah.

5. Empal Gentong

Empal Gentong by @butikgentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Sunda Jawa Barat yang berasal dari daging. Lauk ini terbuat dari bahan utama daging, usus, dan babat sapi. Bahan tersebut dimasak dalam gentong besar menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan cita rasa lezat tradisional. Setelah matang, empal gentong diletakkan dalam mangkok yang berisi nasi atau irisan ketupat lontong yang kemudian di siram santan gurih yang ditaburi kucai.

6. Empal Gepuk

Resep Empal Gepuk Daging Sapi
Gepuk by @vitakwee

Gepuk adalah salah satu makanan khas sunda yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan ciri khas rasa sedikit manis dan gurih. Gepuk dibuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging, direbus setengah matang dan kemudian di pukul-pukul sampai agak empuk. Daging yang sudah empuk kemudian direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan dan direbus kembali sampai air santan menyusut. Langkah selanjutnya goreng gepuk dengan sedikit minyak hingga kecoklatan dan angkat. Nikmati gepuk dengan nasi hangat, lengkap dengan sambal dan lababan sesuai selera. Bagi yang ingin membuatnya, berikut Resep Empal Gepuk Khas Sunda yang wajib dicoba.

Baca Juga: Cara Membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak Khas Cireng Salju Bandung

Itulah ke 6 Makanan Khas Sunda terpopuler yang wajib kamu tau. Sebenarnya masih banyak lagi masakan khas sunda lainnya seperti nasi timbel, Kupat Tahu, Soto, Sate maranggi, Batagor, Surabi, Tahu Gejrot, Bakso Goreng, Peyeum, Kue Gemblong, Kue Cucur, Es Goyobod, Doclang, Pais, Sayur Asem, Tumis Genjer Oncom, Laksa Bogor, Asinan, Bakso Tahu, awug-awug dan Es Oyen yang mungkin akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Salam, semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Like
Close
Dibuat penuh dari Banyumas.
Close