Resep Cimol

Resep Cimol Kopong Anti Meledak Jajanan Khas Bandung yang Kering Kriuk

Diperbarui pada [wp_time_to_read]

Resep Cimol – Wikipedia Indonesia, cimol yang bahasa Sunda nya aci digemol adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat kecil lalu digoreng hingga kering dan kopong.

Jajanan khas Bandung ini umumnya di jual di pinggir jalan dengan taburan atau topping aneka rasa yang membuat cimol semakin gurih dan kaya rasa.

Taburan atau seasoning ini paling enak ditaburkan saat cimol masih hangat. Bubuk tabur yang paling di gemari anak-anak dan remaja biasanya yang memiliki rasa gurih manis serta pedas. Seperti rasa jagung bakar, baberque, hot spicy, keju, bubuk cabai, asin, rumput laut / seaweed dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Resep Cireng Tahu Bumbu Rujak Super Renyah Dan Tidak Alot Mirip Cireng Salju

Langkah membuat cimol kenyal dan kopong ala tukang cimol yang biasa kita beli di pedagang bisa di bilang susah-susah gampang ya bun. Karena ada tips khusus yang harus dijalani agar cimol tidak meledak saat digoreng, cimol tidak keras saat dingin dan agar adonan tidak keasinan saat dibuat.

Tips menggoreng cimol yang benar dan agar adonan tidak meledak saat digoreng adalah bulat-bulatkan terlebih dahulu adonan cimol ke dalam wajan isi minyak cukup banyak, setelah cimol sudah memenuhi wajan dan terendam minyak baru nyalakan api kompornya. Jangan sekali-kali menggoreng cimol dengan suhu minyak yang panas, karena dapat membahayakan si penggoreng.

Loading...

Simak Juga: Cara Membuat Cireng Nasi Bumbu Rujak Super Gampang dan Anti Gagal

Gunakan api kecil saja, agar cimol dapat mengembang dengan sempurna. Jangan lupa aduk-aduk cimol saat proses penggorengan agar cimol tidak menempel satu sama yang lain.

Bagaimana sudah siap membuat cimol sendiri di rumah? Berikut bahan-bahan dan langkah yang benar membuat cimol, yuk disimak bun!

Resep Cimol

Kini tak perlu pergi ke Bandung hanya untuk mencicipi cimol, karena dengan berbekal resep cimol dibawah ini anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.
Tipe Camilan
Masakan Indonesian
Keyword cara membuat cimol, resep cimol
Prep Time 10 minutes
Total Time 40 minutes
Penyajian 1 Porsi
Calories 222kcal

Bahan-bahan

  • Tepung tapioka (Aci) / tepung kanji 200 gram
  • Tepung tapioka (Aci) / tepung kanji 50 gram (digunakan untuk cadangan kalau adonan kelembekan)
  • Tepung terigu 50 gram
  • Lada/merica bubuk 1/4 sdt
  • Kaldu bubuk royco ayam 1/2 sdt
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Minyak goreng 1/2 kg
  • Air 300 ml

Langkah-langkah

  • Campur tepung terigu, garam, kaldu bubuk dan 200 gram tepung kanji. Sisihkan.
  • Selanjutnya masak air dan bawang putih sampai mendidih. Matikan api lalu langsung tuang air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Sisihkan tepung yang sudah terkena air panas ke tepi wadah lalu tuang lagi dibagian tepung yang masih kering, sisihkan lagi. Lanjutkan terus sampai air panas habis dan semua adonan tepung kanji tersiram rata. Aduk rata, dan biarkan dulu sampai tidak terlalu panas baru diuleni sambil ditaburi sisa tepung kanji sedikit demi sedikit sampai mendapatkan adonan yang lembut dan bisa dibentuk. (Kalau saya tadi cukup menambahkan tepung kanji sekitar 20 hingga 25 gram saja).
  • Dapatkan adonan yang lembut dan sedikit lengket, biarkan seperti itu, kalau adonan dibuat keras kawatir nanti hasil cimolnya juga keras.
  • Oles tangan dengan minyak tipis-tipis atau balur dengan kanji saat mencetak adonan supaya tidak lengket di tangan. Ambil sedikit adonan dengan spatula atau sendok plastik yang telah dioles minyak. Bulatkan dengan tangan lalu langsung masukkan ke dalam wajan yang telah berisi minyak dingin. Isi secukupnya, usahakan agar cimol terendam dengan minyak.
  • Nyalakan api, goreng cimol dengan menggunakan api kecil sambil sesekali di aduk agar tidak saling menempel. Setelah cimol mengembang dan agak kokoh, maka api bisa dibesarkan sedikit saja.
  • Lanjutkan menggoreng sampai cimol matang dan kalau ditekan dengan tusukan cukup kokoh. Matikan api. Angkat lalu tiriskan.
  • Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
  • Sajikan dengan taburan bubuk balado, boncabe, cheese powder dll sesuai selera.

Tips Sukses Membuat Cimol:

  1. Tepung terigu berfungsi mengeraskan cimol saat dingin, sehingga cimol tidak akan lembek meskipun sudah dingin. Jadi gunakan tepung sedikit saja, jika terigu kebanyakan atau takarannya sama dengan aci nanti cimolnya tidak kopong dan malah jadi keras.
  2. Fungsi bawang putih di sini sebagai pemekar alami, jadi jangan pakai baking soda lagi.
  3. Jangan lupa siapkan minyak dingin di wajan dan bulat-bulatkan cimol lalu masukkan ke minyak satu per satu, setelah cimol penuh di dalam minyak, baru nyalakan api, usahakan apinya kecil, dan tidak terkena wajan, walaupun lama, tapi cara ini agar cimol tidak meledak.

Selain digoreng lalu diberi taburan, cimol ini juga enak disajikan bersama sambal goang pedas yang terbuat dari cabai setan yang digerus dengan kencur,  maupun dibikin cimol kuah sebagai campuran Bakso Aci.

Jangan Lewatkan: Cara Membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak Khas Cireng Salju Bandung

Demikian artikel mengenai bahan-bahan dan tips anti gagal membuat Resep Cimol kopong yang garing diluar, kenyal di dalam. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Silahkan share bun,

Gambar Cimol - @wawawiati
Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda