Resep Kremesan Super Renyah, Bersarang, dan Anti Gagal Cukup Dengan 7 Bahan Saja!

Resep Kremesan Super Renyah, Bersarang, dan Anti Gagal Cukup Dengan 7 Bahan Saja!

Diperbarui pada Perkiraan 7 menit dibaca

Resep Kremesan – Yeay, akhirnya nemu juga resep kremesan yang cuco dan top banget! Rasanya kok nggak percaya ya bisa bikin kremesan serenyah ini, teksturnya super kriuk dan bersarang. Cocok sekali dipadukan dengan nasi putih, ayam goreng, tempe tahu, lalaban, dan juga sambal cabai yang pedas. Wuih, mantap!

Dulu pernah coba resep kremesan tapi hasilnya lengket, bahkan nggak bersarang dan teksturnya basah seperti bakwan. Pernah juga lihat resep kremesan dan coba bikin, hasilnya malah kaya sisa krimpilan pisang goreng. Sampai wajan jadi hitam karena kelengketan adonananya. Padahal sudah pakai BPDA, tapi tetap saja gatot huhuhu.

Baca Juga : Resep Ayam Woku Kemangi Belangga ala Manado Dengan Citarasa Pedas Yang Menggigit

Karena kejadian itu sempat trauma dan mikir berulang kali untuk coba membuat kremesan homemade lagi. Karena memang lebih gampang beli diluaran, rasanya sudah enak dan praktis. Tapi lama kelamaan takut juga makannya, karena pasti banyak MSG, ada bahan pengawet, dan juga harganya yang lumayan mahal.

Akhirnya cari-cari resep kremesan lagi di Google dan Instagram, alhamdulilah ketemu resep kremesan yang sesuai harapan. Hasil dari resep kremesan ini remahnya lembut ya, renyah, dan super kriuk. Kan ada tuh kremesan yang remahnya agak keras, walaupun sama-sama enak namun kremesan dengan tekstur lembut selalu juara dihati.

Simak Juga : Resep Sayur Asem Jakarta Khas Betawi Terenak No 1 Dengan Kuah Asam Manis Pedas Yang Sedap

Cara membuat kremesan rumahan memang sekilas terlihat mudah dan praktis. Namun ada tips dan trik khusus saat memasaknya agar sukses dan anti gagal.

Loading...

Pastinya sudah penasaran kan apa sih bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kremesan dan proses pembuatannya agar enak, renyah, dan anti gagal? Berikut ulasan :

Step by Step Membuat Resep Kremesan Bersarang Dengan Bahan Sederhana

Resep Kremesan

Resep Kremesan – @ka_ika.cake

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Adonan Kremesan :

  • Tepung sagu 125 gram
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Air 200 mili liter + santan instan kental 100 mili liter (air bisa diganti dengan air sisa ungkepan ayam goreng)
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kuning telur 1 butir
  • Baking powder double action 1/2 sendok teh (saya pakai Hercules)
  • Kaldu ayam bubuk atau garam sesuai selera

Langkah Membuat Resep Kremesan :

  1. Jika pakai air sisa ungkepan ayam, maka buang dulu bumbu-bumbu daunnya seperti sereh, daun jeruk dll. Ambil sebanyak 200 mili. Kalau pakai air biasa ya siapkan air bersih sebanyak 200 mili.
  2. Selanjutnya campurkan semua bahan adonan kremes kecuali baking powder. Aduk rata hingga adonan licin dan tidak bergerindil, saring bila perlu.
  3. Setiap akan menuang adonan ke dalam wajan, jangan lupa aduk-aduk terlebih dahulu adonannya agar tidak ada tepung yang mengendap di dasar wadah.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak dengan menggunakan api sedang. Nah sambil menunggu minyak panas, maka bisa masukkan baking powder, aduk-aduk adonan hingga rata.
  5. Saat minyak sudah benar-benar panas maka bisa tuangkan adonan agar langsung membentuk sarang. Sebaiknya gunakan wajan yang cekungnya cukup dalam.
  6. Caranya ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur, tuang adonan ke dalam minyak panas menggunakan saringan kawat halus dari jarak 20 hingga 25 centi meter dengan gerakan memutar di atas wajan. Bisa juga menggunakan bantuan tangan atau bisa pakai botol yang tutupnya di lubangi beberapa lubang, dan bisa juga menggunakan botol yang biasa untuk bikin roti jala.
  7. Setelah dituangkan ke wajan, jangan diaduk dulu. Biarkan sampai adonannya terlihat berbentuk di permukaan minyak dan bersarang, lalu kecilkan apinya.
  8. Kalau mau bikin bentuk lipat, setelah buih berkurang, kumpulkan adonan ke tengah dengan cara menggeser adonan pelan-pelan dari bagian pinggir dengan menggunakan sutil (Bertujuan agar lebih rapat dan bisa dilipat).
  9. Setelah setengah matang lalu lipat adonan sesuai selera dan lanjutkan menggoreng sampai kremesan kuning keemasan. Jangan lupa dibalik ya.
  10. Tiriskan, dan kremesan bisa langsung disajikan.
  11. Kalau mau disimpan ke dalam toples, maka alasi dasar toples dengan kertas roti untuk menyerap minyak terlebih dahulu. Susun kremesan yang sudah ditiriskan ke dalam toples, kemudian tutup rapat.

Wajib Baca : Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Sunda Yang Enak Gurih dan Empuk

Tips Anti Gagal Membuat Kremesan Kriuk :

  1. Pastikan minyak dalam keadaan panas, supaya kremesan bisa bersarang, setelah mulai bersarang, turunkan sedikit suhu apinya agar matang merata.
  2. Boleh pakai air bersih, boleh juga pakai air kaldu ayam asli sisa rendaman ayam goreng.
  3. Harus pakai tepung sagu, jangan diganting tepung tapioka atau kanji.
  4. Pakai baking powder double action misalnya merek Hercules agar hasilnya sempurna.
  5. Boleh saja menggunakan 1 telur ayam utuh, hasil kremesan jadi lebih kokoh (kembali ke selera masing-masing ya).
  6. Tunggu sampai uap panas benar-benar hilang, baru dimasukkan ke dalam toples. Dijamin renyah tahan lama.
  7. Kalau dirasa kremesan kurang berwarna kuning, maka boleh ditambahkan sedikit kunyit parut lagi.
  8. Kucurkan adonan dengan gerakan memutar, supaya kremesan dapat menyebar dan nggak menempel.

Saat ini memang ada banyak sekali resep kremesan yang ada di Internet. Mulai dari resep kremesan tanpa telur, kremesan tanpa baking powder, kremesan tanpa tepung beras, kremesan tanpa menggunakan kaldu ayam, dan masih banyak yang lainnya.

Jangan Lewatkan : 10 Aneka Kreasi Resep Ayam Goreng Bumbu a la Royco Yang Enak dan Praktis Dibuat

Aneka resep kremesan ini tentu saja ada ciri khas rasanya masing-masing. Namun yang jelas Resep Kremesan Telur yang saya bagikan ini dijamin anti gagal jika diikuti dengan benar.

Anda bisa menyajikan kremesan untuk lauk tambahan keluarga di rumah, atau bisa juga dijual jika ada peluang usaha.

Selamat mencoba ya, semoga sesuai selera.

Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda