resep kue apem

Resep Kue Apem Kukus Gula Merah Empuk Menul dan Anti Gagal

Diperbarui pada Perkiraan 6 menit dibaca

Resep Kue Apem – Wikipedia Indonesia, Kue apem adalah salah kue tradisional dengan tekstur empuk sedikit kenyal yang dipertahankan hingga saat ini dan masih disajikan di berbagai acara. Rasanya memang tidak selembut sponge cake atau cheescake yang begitu populer di Indonesia. Namun kue apem memiliki ciri khas dan menyimpan cerita sendiri sehingga keunikannya sulit ditandingi kue lainnya.

Selain dikenal sebagai kue syukuran atau kue khas Jawa, ternyata kue ini enak disandingkan bersama minuman kopi maupun teh. Banyak yang mengira kalau kue apem asli kue Indonesia. Namun menurut Wikipedia, kue ini berasal dari negara India. Di India sendiri, kue ini disebut Appam.

Baca Juga: Cara Membuat Serabi Saus Kinca Anti Gagal dan Berserat

Konon kue ini diyakini bermula dari Ki Ageng Gribig, yaitu keturunan Prabu Brawijaya yang kembali dari perjalanan ke tanah suci dengan membawa kue apem. Kue ini kemudian dibagi-bagikan ke masyarakat sekitar sehingga menjadi budaya dan sesuatu kebiasaan di saat syukuran membagikan kue apem sebagai simbol pengampunan atau mohon ampun dari berbagai kesalahan. Ini karena kata apem sendiri konon berasal dari bahasa Arab yaitu “afuan” atau “afuwwun” yang berarti pengampunan.

Filosofi kue apem yang identik sebagai kue syukuran, acara adat, menyambut bulan puasa Ramadhan hingga kematian ini jika di Jawa Barat dimaknai sebagai kue kebersamaan dan tolak bala atau mengusir kesialan. Umumnya kue apem dibagikan ke tetangga dan dimakan bersama-sama. Itulah sedikit asal usul dan sejarah kue apem yang kita kenal sebagai kue tradisional.

Simak Juga: Resep Donat Bomboloni (Donat Isi / Donat Buntu) Kekinian Isi Fla Tiramisu

Yah apapun itu, yang jelas saat ini kue apem memiliki aneka kreasi resep dengan citarasa yang bervariasi. Mulai dari resep kue apem tape, kue apem panggang, kue apem tepung terigu, kue apem putih dari tepung beras, kue apem kukus tepung terigu tanpa santan, kue apem mekar, kue apem Jawa warna-warni, dan juga kue apem kukus gula Jawa dengan rasa yang legit.

Bagi yang penasaran akan rasa dan nikmatnya kue apem, berikut Doyanresep bagikan bahan-bahan dan cara membuat kue apem kukus gula merah super endeus dan anti gagal yang wajib untuk dicoba.

Step by Step Langkah Membuat Resep Kue Apem Kukus Gula Merah

Resep Kue Apem

Resep Kue Apem – @agustialidya88

Bahan Kue Apem:

  • Gula merah 150 gram, sisir halus
  • Air 200 mili liter
  • Santan instan 50 mili liter
  • Sejumput garam
  • Gula pasir atau gula putih 1 sdm
  • Daun pandan 2 ikat, simpulkan
  • Tepung terigu 140 gram
  • Tepung maizena 30 gram
  • Ragi instan / fermipan 1/2 bungkus
  • Kelapa parut muda setengah tua 100 gram, digunakan untuk taburan/topping

Cara Membuat Kue Apem Gula Merah:

  1. Adonan Cair: Sediakan wadah panci, masukkan gula merah, air, santan instan, garam, gula putih dan daun pandan, aduk hingga rata lalu masak hingga mendidih dengan menggunakan api kecil sambil diaduk secara perlahan. Tunggu hingga adonan dingin, lalu saring agar kotoran dari gula merah terpisah.
  2. Adonan Tepung: Campur tepung terigu, tepung maizena, dan ragi instan, aduk jadi satu. Tuang adonan cair sedikit demi sedikit hingga habis sambil diaduk hingga rata dan tidak bergerindil. Saring adonan jika perlu agar adonan benar-benar halus dan mulus. Tutup wadah dengan kain lap bersih, lalu diamkan selama 1 jam.
  3. Setelah satu jam, aduk kembali adonan dengan perlahan lalu tuang kedalam cetakan kue apem yang sebelumnya sudah diolesi minyak goreng secukupnya lalu kukus selama 20 menit. Angkat.
  4. Kukus juga kelapa parut yang sudah diaduk rata dengan sedikit garam selama 5 menit. Kelapa ini digunakan sebagai taburan.
  5. Apem gulmer kukus siap disajikan bersama topping kelapa parut yang gurih.

Wajib Dicoba: Resep Kue Lumpur Kentang dan 4 Tips Agar Hasilnya Lembut Anti Gagal

Tips Sukses Membuat Kue Apem:

  1. Jangan menggunakan api besar saat mengukus adonan cair karena dapat mengakibatkan santan menjadi pecah.
  2. Olesi cetakan menggunakan minyak goreng agar adonan tidak lengket ke cetakan dan memudahkan melepaskan kue saat matang.
  3. Panaskan dandang atau panci kukusan terlebih dahulu sebelum adonan masuk untuk dikukus. Agar kue apem dapat matang dan mengembang sempurna dan tidak bantet atau keras.
  4. Sebaiknya gunakan panci kukusan berukuran cukup besar agar adonan dapat sekali kukus.

Jangan Lewatkan: Resep Bolu Kukus Kapas Mekar Lembut dan Anti Gagal

Nikmati kue apem untuk cemilan sederhana saat berkumpul bersama keluarga tercinta. Atau bisa juga disajikan sebagai kudapan arisan, isian snack box atau buat jualan jika ada peluang usaha di sekitar.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Apem Kukus, resep ini sudah di uji dan di coba hasilnya anti gagal jika anda mengikuti langkah pembuatannya dengan benar.

Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda