Resep Kupat Tahu Magelang dan Tips Agar Enak Mantap

824

Resep Kupat Tahu Magelang – Ketupat tahu / kupat tahu atau tahu guling adalah makanan tradisional Indonesia berbahan dasar irisan ketupat, tahu yang digoreng dan juga bumbu kacang dengan citarasa pedas manis yang nyegrak.

Bagi vegetarian, makanan ini cocok sekali untuk kalian. Rasanya yang enak membuat kupat tahu menjadi salah satu daftar menu jajanan favorit Pak Jokowi. Selain menggunakan ketupat, lontong juga dapat digunakan sebagai pengganti irisan ketupat.

Saat ini ada banyak kupat tahu yang dapat kita temui di penjuru Nusantara, namun yang terkenal ialah kupat tahu yang berasal dari Singaparna, Surakarta, dan Magelang ala Pak Slamet atau Pojok Magelang. Perbedaan kupat tahu di setiap daerah tersebut terletak pada bumbu kuah dan pelengkap yang digunakan.

Baca Juga : 2 Resep Sambal Goang Dadakan Khas Sunda Special Pedas

Jika pada versi kupat tahu Magelang terdapat irisan kol, bakwan goreng, tahu putih, dan penambahan mie untuk (versi kupat tahu Solo). Sedangkan untuk kreasi kupat tahu versi Singaparna terdapat tauge yang telah direbus sehingga isian kupat tahu semakin komplit dan bervariasi.

Pada resep kupat tahu Magelang juga terdapat bumbu rahasia yang membuat makanan ini terasa khas, yaitu penggunaan kecap manis khas kupat tahu Magelangnya. Walaupun nikmat juga menggunakan kecap manis biasa, namun ada ciri khas yang membuat banyak orang kangen menikmati kupat tahu asli dari Magelang.

Loading...

Simak Juga : Resep Tahu Telur Sambal Kacang Petis Khas Jawa Timur Yang Enak dan Praktis

Meski tak 100% sama, kali ini Doyanresep akan membagikan salah satu resep kupat tahu Magelang andalan yang rasanya hampir mirip dengan kupat tahu Magelang asli. Rasa manis gurihnya 11:12 lah, cocok untuk mengobati rasa kangen pada kupat tahu Magelang yang khas. Berikut resepnya Bun :

Resep Kupat Tahu Magelang

Kini tak perlu pergi ke Magelang hanya untuk mencicipi kupat tahu, karena berbekal resep kupat tahu Magelang berikut anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah.
Porsi 3 Porsi
Waktu Persiapan 10 menit
Total Waktu 38 menit

Bahan-bahan

  • Ketupat besar atau ketupat janur siap pakai 3 buah
  • Tahu goreng 3 buah, potong-potong
  • Telur rebus 3 buah, masing-masing belah menjadi 2 bagian (optional, bisa pakai bisa tidak pakai)
  • Tauge 150 gram, seduh air panas
  • Kubis iris 150 gram, seduh air panas
  • Bakwan sayur 3 buah (dibuat dari 1 buah wortel yang di iris korek api, beri garam, merica bubuk, tepung terigu dan air secukupnya, goreng sampai matang)
  • Seledri 1 batang, iris
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kerupuk kanji atau kerupuk favorit lainnya secukupnya

Bumbu dan Bahan Saus

  • Bawang putih 2 siung, iris tipis, lalu goreng
  • Cabai rawit 6 buah, goreng sebentar
  • Garam 1/2 sdt
  • Kacang tanah goreng 50 gram
  • Kecap manis 6 sdm
  • Gula merah yang di sisir 3 sdm
  • Air matang hangat 500 ml
  • Campur semua bahan lalu uleg atau haluskan dengan blender

Langkah-langkah

  • Tata tahu goreng dadakan, potongan ketupat, tauge, kubis, telur rebus dan bakwan sayur di atas piring saji.
  • Beri saus kacang secukupnya.
  • Lalu taburi bawang goreng dan irisan seledri di atasnya.
  • Sajikan bersama kerupuk kanji atau kerupuk lainnya.
Calories: 391kcal
Course: Hidangan Utama
Cuisine: Indonesian
Keyword: kupat tahu, kupat tahu magelang

Kalau bikin kupat tahu paling praktis memang ketupatnya beli siap jadi ya bun. Tapi kalau mau bikin sendiri di rumah juga boleh. Caranya beli selongsong janur yang sudah jadi, lalu isi beras yang sudah dicuci cukup setengahnya saja.

Kemudian masukkan ke dalam panci, beri air secukupnya sampai seluruh ketupat terendam sempurna. Rebus terus sampai menjadi ketupat yang padat. Untuk keperluan ini bisa pakai panci presto, sehingga lama merebusnya cukup singkat yaitu 2 jam saja. Sedangkan 4 hingga 5 jam untuk perebusan dengan panci biasa. Kalau air mulai menyusut, tambahkan air lagi hingga ketupat selalu terendam selama proses perebusan.

Kalau mau coba bikin lontong homemade, caranya juga sama persis seperti membuat ketupat ini ya Bun. Anda bisa memakai cetakan lontong yang diberi pelapis daun pisang agar wangi lontongnya.

Wajib Coba : Resep Pepes Tahu Kemangi Khas Sunda dan Tips Memasaknya Agar Enak dan Anti Gagal

Bdw kupat tahu yang enak terletak pada kuahnya yang segar, tidak langu dan tahunya digoreng dadakan jadi tahunya masih panas saat penyajian.

Tips agar kuah kupat tahunya terasa mantap, sebaiknya bikin kuahnya sehari sebelumnya. Karena konon kuah yang diinapkan rasanya lebih enak dengan rasa bumbu yang nendang dan lebih beraroma sedap. Boleh juga tambahkan daun jeruk purut jika suka.

Kalau kuahnya mau di inapkan, sebaiknya kacang tanah goreng jangan ikutan di gerus atau di ulek dengan kuah. Tapi kacang gorengnya dipakai untuk taburan saat penyajian saja, biar ada rasa kres kresnya yang sedap dan tidak bikin kuah menjadi basi.

Jangan Lewatkan : Resep Rujak Cingur Special Asli Surabaya Jawa Timur Yang Enak dan Komplit

Kalau mau bikin kupat tahu versi Solo maka tinggal tambahkan mie kuning dan telur ceplok atau irisan telur dadar di atasnya.

Selamat mencoba Resep Kupat Tahu Magelang, semoga suka dan bermanfaat.

Gambar Resep Kupat Tahu Magelang – @dapoersikoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Close
Dibuat penuh dari Banyumas.
Close