Resep Oseng Mercon Daging Sapi Khas Jogja Super Pedas

Resep Oseng Mercon Daging Sapi Khas Jogja Super Pedas

Diperbarui pada Perkiraan 5 menit dibaca

Resep Oseng Mercon – Yogyakarta yang terkenal dengan masakan manisnya “Gudeg” dan jajanan manisnya bakpia , ternyata menyimpan kuliner pedas yang menggugah selera loh. Bernama oseng-oseng mercon, sajian ini merupakan olahan berbahan dasar daging sapi yang dimasak bersama bumbu pedas.

Tak main-main, jika mengintip resep oseng mercon asli Jogja di Mbok Ireng, untuk 2 kg cabai rawit hanya di masak bersama 1 kg daging saja loh!

Simak Juga : Resep Kepiting Saus Padang Jagung Istimewa Seenak di Resto

Wah, sudah terbayang kan bagaimana pedasnya? Tapi tak hanya menonjolkan pedasnya, oseng oseng mercon juga terasa manis gurih dari gula merah yang membuat orang ketagihan untuk menyantapnya.

Kalau lagi pengin makan yang pedas, maka oseng mercon daging sapi ini wajib dicoba! Kata mercon (petasan) yang identik dengan rasa yang pedas, panas, meledak-meledak karena cabainya yang segambreng alias pedasnya yang di atas rata-rata benar-benar menggugah selera makan.

Tapi harus tetap sesuaikan kemampuan perut masing-masing ya. Jangan di paksa kalau tidak kuat, dari pada bocor hehehe.

Baca Juga : Resep Pepes Tahu Kemangi Khas Sunda dan Tips Memasaknya Agar Enak dan Anti Gagal

Oseng mercon saat ini menjadi masakan yang special karena ada banyak orang yang berlomba-lomba menyajikan oseng mercon dalam bentuk kemasan plastik kedap udara maupun botol jar dan kalengan yang hits di Instagram ala oseng mercon Bu Narti yang menjadi salah satu oleh oleh khas Jogja yang lezat.

Loading...

Nanti kita tinggal panasin saja kalau mau memakannya. Praktis sih, tapi akan lebih hemat dan sehat bila kita mengolahnya sendiri di rumah.

Cara membuat oseng mercon khas Jogja ini bisa dibilang cukup mudah. Teman-teman bisa menyiapkan daging sapi sandung lamur yang dicampur tetelan biar cepat empuk. Atau bisa juga menggunakan daging sapi full sesuai selera. Setelah itu siapkan bahan dan bumbu seperti saat membuat sambal mercon pada umumnya. Oseng oseng sebentar, jadi deh oseng sapi pedasnya.

Wajib Dicoba : Resep Nasi Ayam Hainan Rice Cooker : Nasi Ayam Pek Cam Kee Rebus Halal ala Resto

Nah, agar lebih jelas, berikut saya bagikan bahan-bahan dan cara memasak oseng-oseng daging sapi pedas super special yang wajib untuk dicoba.

Step by Step Memasak Resep Oseng Mercon Daging Sapi

Resep Oseng Mercon

Resep Oseng Mercon – @achapermatasari

Bahan Oseng Mercon :

  • Daging sapi sandung lamur / daging sop atau tetelan 1/2 kg, potong dadu lalu rebus

Bumbu Yang Dihaluskan :

  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit 35 buah

Bahan Bumbu Lainnya :

  • Daun salam 3 lembar, sobek-sobek
  • Daun jeruk 5 lembar, robek-robek
  • Serai 2 batang, geprek
  • Lengkuas 1 ruas, geprek
  • Lada, garam, dan kaldu bubuk secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Rawit merah utuh secukupnya (saya tidak pakai)

Langkah Membuat Oseng Mercon Daging Sapi Super Pedas :

  1. Pertama-tama rebus daging hingga empuk, buang ampas kotoran dilapisan atas air rebusan, sisa air rebusannya jangan dibuang, sisihkan.
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan jahe hingga harum.
  3. Masukkan daging yang sudah di rebus tadi, aduk rata. Kemudian tambahkan air sisa rebusan daging, aduk rata kembali.
  4. Terakhir masukan gula merah, garam, lada, kaldu bubuk dan juga rawit utuh. Tutup wajan lalu kecilkan apinya. Masak hingga kuah menyusut atau mengental (daging empuk), koreksi rasa, lalu matikan kompornya.
  5. Oseng mercon siap disajikan bersama nasi putih dan masakan lainnya.

Selain menggunakan daging sapi, Resep Oseng Mercon ini juga bisa dipadukan dengan bahan lainnya seperti kikil sapi, daging ayam, bakso, ceker, cumi, ati ampela, krecek, tempe, dan juga telur puyuh.

#Tips
Gunakan daging kualitas baik dengan sedikit lemak supaya daging tidak keras atau alot saat di masak. Pemilihan daging sapi sandung lamur merupakan keputusan yang tepat.

Selamat mencoba

Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda