Resep Roti Maryam Lembut, Empuk Berserat dan Anti Gagal

Resep Roti Maryam Lembut, Empuk Berserat dan Anti Gagal

Diperbarui pada Perkiraan 6 menit dibaca

Resep Roti Maryam – Wikipedia Indonesia, roti mariyam (sebutan di kampung peranakan Arab di Surbaya), roti cane, roti konde (sebutan orang Jawa), atau roti canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India yang banyak ditemukan di Indonesia.

Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Singapura atau di rumah makan Aceh dan Sumatra Barat di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini terkenal dengan sebutan roti prata.

Baca Juga: Resep Nastar Tanpa Telur (Nastar Ekonomis No Egg dan No Mixer)

Jika dilihat bentuk dan bahan yang digunakan, roti maryam ini mirip sekali dengan kerala porotta. Bentuknya sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan melebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.

Roti maryam dapat di hidangkan dengan topping manis seperti meises, keju, parutan coklat, chocochips dan selai manis. Dan bisa juga dibuat rasa asin gurih yang cocok dihidangkan bersama Kari Ayam, kari kambing atau domba lengkap dengan teh tarik.

Simak Juga: Resep Kue Cubit Tanpa Mixer, Cuma Pakai 2 Telur dan Anti Gagal

Loading...

Sebenarnya sudah lama sekali saya ingin membuat roti maryam ini, namun malas melanda saat ngebayangin prosesnya. Tapi mumpung hari ini lagi #dirumahaja dan bosan bersantai-santai, akhirnya cus ke dapur dan bebikinan roti maryam.

Ternyata proses pembuatan roti maryam ini tak serumit yang dibayangkan loh, prosesnya cukup mudah untuk diikuti. Semua orang bisa membuatnya, bahkan bagi pemula yang baru belajar membuat kue sekalipun.

Wajib Dicoba: Resep Donat Bomboloni (Donat Isi / Donat Buntu) Kekinian Isi Fla Tiramisu

Satu resep roti maryam ini menghasilkan kurang lebih sekitar 22 hingga 23 pcs. Sebagian saya panggang setengah matang lalu disimpan ke dalam kulkas untuk sarapan besok pagi. Kalau mau dimakan tinggal dimasak lagi sampai matang. Rasanya tetap sama enaknya dan tidak ada perubahan rasa sedikitpun.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan saat akan membuat resep roti maryam, yuk di simak bund…

Resep Roti Maryam (Roti Canai / Roti Prata)

Resep Roti Maryam

Roti Maryam Super Lembut, Empuk dan Tidak Keras – @wawawiati

Bahan Roti Maryam:

  • Tepung Terigu 600 gram (saya menggunakan tepung segitiga 200 gram dan tepung cakra 400 gram), boleh pakai cakra saja atau segitiga saja
  • Telur utuh 1 butir + kuning telur 1 buah
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula halus 1 sendok makan
  • Margarin cair 50 gram
  • Minyak 70 mili liter
  • Susu cair hangat 280 mili liter
  • Margarin cair untuk bahan olesan
  • Minyak untuk merendam adonan

Step by Step Langkah Membuat Roti Maryam:

  1. Campur rata tepung terigu dengan garam dan gula, sisihkan.
  2. Dalam wadah lain campur rata susu cair, minyak goreng, margarin cair dan telur. Aduk rata dengan garpu atau whisker.
  3. Masukkan campuran susu ke dalam adonan tepung, aduk rata dan uleni sampai benar-benar kalis. Kalau adonannya masih keras, boleh tambahkan susu cair. Bulatkan, lalu istirahatkan adonan selama 30 menit.
  4. Tutup wadah dengan lap bersih.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan kecil (saya timbang sekitar @45-50 gram), lalu rendam dalam minyak selama 1-2 jam.
  6. Selanjutnya ambil satu buah bulatan adonan, giling setipis mungkin tapi jangan sampai bolong-bolong.
  7. Oles tipis permukaannya dengan margarin atau mentega cair lalu kerat-kerat dengan pisau yang tajam dengan arah memanjang, sisakan pinggirannya jangan sampai putus. Gulung adonan yang telah dikerat-kerat tadi, setelah tergulung lalu tarik pelan-pelan dengan kedua tangan sambil sedikit dipelintir supaya adonan jadi panjang. Gulung melingkar seperti obat nyamuk, lakukan sampai adonan habis, dan diamkan selama 10 menit.
  8. Ambil satu gulungan adonan, pipihkan pelan-pelan di atas nampan hingga adonan melebar tipis dan bulat. Tapi jangan terlalu tipis, supaya layernya cantik.
  9. Panggang roti di atas teflon dengan menggunakan api kecil saja sambil sesekali dibalik dan di oles margarin di kedua sisi permukaannya.
  10. Setelah matang, angkat dari teflon.
  11. Sajikan roti maryam dengan topping sesuai selera.
Roti Maryam

Penampakan Adonan Saat Di Kerat-kerat, Jangan Sampai Putus ya!

Tips dan Trick Sukses Memasak Roti Maryam:

  1. Jangan memanggang roti terlalu lama, supaya teksturnya empuk, lembut dan tidak keras.
  2. Sajikan bersama topping manis seperti meises, keju dll sesuai selera.

Jangan Lewatkan: Resep Kue Apem Kukus Gula Merah Empuk Menul dan Anti Gagal

Bagaimana bun, cukup mudah kan mengolah roti maryam sendiri di rumah?

Resep Roti Maryam ini sudah di uji dan dicoba, hasilnya enak, empuk berserat dan super lembut. Si kecil pasti suka, dan cocok juga kalau dibuat untuk jualan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat…

Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda