Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Yang Enak, Empuk dan Tidak Bau Prengus

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Yang Enak, Empuk dan Tidak Bau Prengus

Diperbarui pada Perkiraan 6–9 menit dibaca

Resep Sate Kambing – Sate merupakan salah satu hidangan Nusantara yang disukai banyak orang. Rasanya yang enak, dengan bumbu rempah yang kuat membuat sate enak dinikmati bersama potongan ketupat / lontong, maupun sepiring nasi hangat.

Saat ini ada banyak sekali olahan sate yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang, resep sate daging sapi, resep sate kerang, resep sate udang, resep sate lilit, Resep Sate Telur, resep sate usus ati ampela dan juga resep sate kambing seperti yang akan kami bagikan kali ini.

Baca Juga : Rahasia Lezatnya Resep Sate Taichan Ayam a la Abang Senayan

Olahan daging kambing yang paling mudah dimasak selain daging kambing masak kecap adalah sate. Karena tak perlu waktu lama untuk membuat sate kambing dengan citarasa lezat. Anda hanya membutuhkan bara api untuk bakaran dan juga lidi untuk tusukan sate. Bagi kalian yang ingin membuat resep sate kambing praktis dan tidak ribet, maka bisa menggunakan teflon atau wajan anti lengket untuk proses pembakaran sate.

Selain peralatan dan proses pembuatannya yang mudah, bumbu yang digunakan untuk membuat resep sate kambing ala abang-abang juga cukup sederhana. Di antara lainnya adalah bawang putih, ketumbar, merica halus, kecap manis, dan air perasaan jeruk nipis.

Simak Juga : Resep Sapo Tahu Ayam Udang Jamur Brokoli Yang Enak ala Restoran Chinese Food

Sedangkan untuk pelengkap sate agar semakin lengkap dan nikmat maka bisa disajikan dengan irisan kubis/kobis, tomat merah, cabai rawit, acar timun, potongan bawang merah, dan juga kucuran air jeruk nipis agar sate semakin segar dan special.

Loading...

Langkah membuat resep sate kambing memang terlihat mudah, namun ada beberapa tips dan trik khusus agar sate yang Anda buat enak, empuk (tidak alot), dan bumbunya meresap sampai ke dalam loh! Ingin tahu apa saja tips membuat sate kambing yang lezat? Berikut tipsnya :

Wajib Coba : Resep Tongseng Daging Sapi Santan Pedas Khas Solo Yang Empuk dan Mudah Dibuat

Tips dan Trik Membuat Resep Sate Kambing Yang Enak, Empuk, dan Anti Gagal :

  1. Tips pertama membuat sate kambing yang empuk adalah pemilihan daging yang digunakan harus tepat. Karena jenis daging kambing yang digunakan sangat berpengaruh terhadap keempukan sate. Untuk hasil terbaik bisa gunakan daging kambing betina dengan usia sekitar 4 hingga 6 bulan. Umumnya daging kambing betina muda memiliki daging dengan serat yang halus dan memiliki kandungan lemak yang cukup banyak sehingga enak dibuat menjadi sate.
  2. Pemotongan daging kambing yang akan diolah menjadi sate juga harus pas. Untuk sate sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung, dan has dalam. Karena bagian ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Jangan lupa lihat alur serat daging dan ikuti arah serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak atau gajih bisa dicampur agar rasa daging kambingnya lebih gurih.
  3. Daging kambing yang akan diolah sebaiknya jangan dicuci. Alasannya : karena proses pencucian daging ini dapat membuat daging bertekstur alot, dan aromanya tidak sedap alias prengus, sehingga merusak kualitas sate yang akan dibuat.
  4. Membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Sudah tidak asing lagi bukan, jika nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan juga menghilangkan bau prengus pada daging kambing.
  5. Nah untuk menyiasati daging kambing agar tidak prengus maka bisa dicampurkan dengan bumbu yang memiliki aroma wangi sedap. Seperti daun jeruk atau air perasan jeruk nipis, bawang putih dan ketumbar.
  6. Sebelum diolah menjadi sate, sebaiknya rendam daging pada bumbu terlebih dahulu kurang lebih selama semalaman untuk hasil terbaik dengan bumbu yang meresap sempurna. Selain menghilangkan aroma prengus pada daging, proses ini juga bisa membuat empuk dan menciptakan rasa yang enak dan gurih.
  7. Dalam satu tusuk sate, anda bisa mengisinya dengan tiga potong daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ke dalam bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan juga air kaldu.
  8. Bakar daging dengan menggunakan bara api yang sedang hingga setengah matang, kemudian bisa celupkan lagi ke dalam bumbu agar hasil akhir sate terasa sedap dengan bumbu yang melimpah. Lanjut bakar lagi hingga sate matang sempurna.

Step by Step Membuat Resep Daging Kambing Yang Enak, Empuk dan Anti Bau Prengus

Resep Sate Kambing

Resep Sate Kambing – @satekambingmudapaijo

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Sate Kambing Rumahan :

  • Daging kambing 500 gram, potong dadu sekitar 2 centi meter
  • Tusukan sate 20 buah, rendam dalam air lalu tiriskan

Bumbu Olesan Sate Kambing :

  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Ketumbar halus 1/2 sendok teh
  • Merica halus 1/4 sendok teh
  • Kecap manis 100 mili liter
  • Air perasaan jeruk nipis secukupnya

Bahan Pelengkap Sambal Kecap Sate Kambing :

  • Kubis 50 gram, iris halus
  • Tomat merah 2 buah, potong kecil-kecil
  • Cabai rawit 10 buah, iris
  • Bawang merah 10 butir, iris tipis
  • Kecap manis 5 sendok makan atau secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah, dibelah jadi 4 bagian
  • Acar timun secukupnya

Cara Membuat Sate Kambing Muda :

  1. Tusuk daging dengan tusukan sate, isi setiap tusukan dengan 3 daging dan 1 lemak, atau daging semua 4 buah. Lakukan terus sampai bahan habis, sisihkan.
  2. Dalam wadah, campur semua bahan olesan lalu oleskan ke daging sate.
  3. Bakar sate di atas bara api sambil sesekali dioles bumbu oles. Bakar sampai daging bewarna kecoklatan, beraroma wangi sedap, dan matang. Angkat.
  4. Tata semua bahan pelengkap dan letakkan sate di atas piring saji.
  5. Tuang kecap manis secukupnya di atas sate, aduk-aduk sebelum dimakan.
  6. Sate siap disajikan.

Anda bisa menambah irisan hati kambing jika suka untuk mengganti irisan lemak.

Jangan Lewatkan : Resep Gulai Kambing Yang Enak Empuk dan Tidak Bau Prengus

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Kambing, hidangkan olahan daging kambing ini untuk selingan makan sehari-hari, saat acara special aqiqah, ulang tahun, atau untuk jualan.

Bagikan Resep Ini:

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda