Resep Selai Nanas Homemade Cukup Pakai 5 Bahan, Awet Hingga 1 Bulan

310

Resep Selai Nanas – Wikipedia Indonesia, selai atau selei yang dalam bahasa Inggris : jam, dan dalam bahasa Prancis : confiture merupakan satu jenis makanan yang di awetkan berupa sari buah atau buah-buahan yang dihancurkan kemudian ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat.

Umumnya selai tidak dimakan begitu saja, namun seringkali menjadi bahan olesan di atas roti tawar serta sebagai isian Roti Manis. Selain itu, selai juga sering digunakan sebagai isian pada Kue Kering seperti Resep Kue Nastar dan juga pemanis pada minuman dingin, seperti Yoghurt dan juga Es Krim.

Baca Juga : Tutorial Resep Nastar Bentuk Buah Karakter Lucu dan Unik

Berbicara selai, saat ini selai terbagi menjadi 2 kreasi, yaitu selai lembut dan selai berserat. Jika ingin membuat selai bertekstur maka saat proses pembuatannya cukup cincang kasar buah yang digunakan. Sebaliknya jika ingin menikmati selai lembut, maka anda bisa memblendernya hingga halus.

Selai yang di dalamnya terdapat potongan buah dalam berbagai ukuran seringkali disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibuat dari sari buah dan kulit buah genus citrus disebut marmalade.

Pektin yang dikandung dalam buah-buahan atau sari buah yang dipakai bereaksi dengan gula dan asam membuat selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam agar selai bisa menjadi kental.

Loading...

Saat membuat selai baiknya menggunakan bauah-buahan yang mudah dimasak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa yang sedikit masam. Contohnya seperti buah stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai juga bisa dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan juga seledri.

Simak Juga : Cara Membuat Resep Nastar Doggy Character Anti Gagal

Karena susah menemukan buah-buahan tersebut, maka di Indonesia seringkali membuat selai dari buah-buahan tropis seperti nanas, lobi-lobi, srikaya, jambu biji, pala, dan ceremai. Selain itu, sering juga menggunakan kacang tanah yang dihaluskan kemudian dicampur mentega dan margarin sehingga menghasilkan selai kacang atau peanut butter yang manis dan gurih.

Bagi anda yang suka menikmati selai untuk menemani roti tawar sebagai sarapan di pagi hari, atau bagi yang punya usaha Kue Kering Lebaran, maka sebaiknya membuat selai homemade sendiri di rumah. Karena selain bebas dari bahan pengawet, dengan membuatnya sendiri maka lebih terjaga akan kebersihannya dan bisa di atur rasanya sesuai selera.

Nah, mumpung saat ini lagi musim buah nanas sehingga keberadaanya sangat melimpah dan murah meriah. Coba bikin selai nanas rumahan yuk.

Wajib Coba : Resep Nastar Burger Anti Gagal Hasilnya Lembut dan Lumer di Mulut

Kebetulan doyanresep.com akan membagikan resep selai nanas premium andalan yang sering digunakan sebagai isian Kue Nastar dengan citarasa manis asam yang lezat.

Resep Selai Nanas (Pineapple Jam)

Ingin memasak selai nanas (pineapple jar) homemade untuk isian kue kering nastar yang awet hingga 1 bulan? Yuk langsung dicoba resep selai nanas berikut ini.
Porsi 500 Gram
Waktu Persiapan 10 menit
Total Waktu 2 hrs 10 menit

Bahan-bahan

  • Nanas 2 buah (totalnya kurang lebih 1 kilo gram setelah dikupas)
  • Cengkeh 6 buah
  • Kayu manis 6 buah
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam 1/2 sendok teh

Langkah-langkah

  • Pertama-tama kupas nanas, cuci bersih, lalu parut atau blender, jangan lupa sisihkan bonggol tengahnya.
  • Selanjutnya masukkan nanas ke wajan, disusul cengkeh dan kayu manisnya, masak hingga air mengering sambil terus diaduk-aduk.
  • Masukkan gula dan garam, kemudian masak kembali hingga mengering sambil diaduk-aduk agar tidak gosong. Angkat, sisihkan cengkeh dan kayu manisnya. Dinginkan.
Calories: 30kcal
Course: Camilan
Cuisine: Indonesian
Keyword: Nastar, pineapple jam, selai nanas

Tips Sukses Membuat Resep Selai Nanas :

  1. Pilihlah nanas yang sudah tua atau yang sudah matang.
  2. Haluskan nanas dengan cara di parut atau di blender. Kalau di parut tekstur nanasnya lebih berasa, sedangkan diblender lebih lembut (kembali ke selera masing-masing).
  3. Saat memasak selai nanas, gunakan api sedang, dan jangan lupa untuk sering mengaduk-aduk agar tidak gosong.
  4. Sebaiknya selai nanas harus benar-benar kering jika digunakan untuk isian nastar, agar tidak mudah berjamur dan dapat bertahan lama walaupun tanpa bahan pengawet.
  5. Sedangkan jika selai digunakan untuk olesan roti, maka cukup masak hingga setengah kering saja.
  6. Gula jangan dimasukkan langsung, tunggu kadar air menyusut baru masukkan gula agar hasil akhir warnanya cantik yaitu coklat keemasan.
  7. Setelah selai nanas dingin, masukkan atau simpan ke dalam kulkas beberapa jam, ini akan memudahkan kita memulung selai nanas jika akan digunakan untuk isi Kue Kering Nastar.
  8. Ketika hendak memulung atau membulatkan selai nanas, tangan harus dalam keadaan kering agar mudah memulungnya.

Satu Resep Selai Nanas ini menghasilkan 500 gram selai nanas fresh yang enak dan lezat. Untuk beberapa awetnya selai nanas ini, saya baru pernah coba menyimpannya dikulkas kurang lebih selama 1 bulan, dan hasilnya masih bagus dan sedap.

Gambar Selai Nanas by @mi.cocinaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recipe Rating




Close
Dibuat penuh dari Banyumas.
Close