Resep Waffle Coklat Belgian (Belgian Chocolate Waffle) Seenak Di Cafe ala Farah Quinn

Resep Waffle Coklat Belgian (Belgian Chocolate Waffle) Seenak Di Cafe ala Farah Quinn

Diperbarui pada Perkiraan 7–10 menit dibaca

Resep Waffle Coklat Belgian – Waffle merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di negara Eropa dan sekitarnya, yang saat ini sudah mulai hitz di Indonesia. Ini terlihat dari maraknya penjual waffle yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan, restauran, cafe dan juga jajanan ala mall.

Saat ini ada banyak jenis resep waffle yang enak untuk dinikmati. Salah satunya adalah roti waffle dari negara Belgia yang memiliki nama yang bervariasi seperti waffle pandan, blue waffle dan resep waffle coklat belgian seperti yang resepnya akan doyanresep.com bagikan kali ini.

Baca Juga : Cara Membuat Banana Cake (Kue Pisang) Yang Enak dan Lembut

Ciri khas dari roti waffle adalah bentuknya yang bermotif kotak-kotak seperti layaknya wafer. Bentuk yang unik pada waffle ini karena saat membuat waffle menggunakan cetakan khusus yang mempunyai karakteristik berbeda dibanding dengan cetakan roti pada umumnya. Anda dapat mendapatkan cetakan kue waffle dengan membelinya di perabot mall atau via online di shoope dll. Namun jika terpaksa tidak ada cetakan waffle, maka bisa menggunakan teflon atau wajan anti lengket untuk mencetak kue waffle ini.

Simak Juga : Resep Roti Boy Rasa Kopi Tanpa Mixer, Hasilnya Crispy Di Luar dan Lembut Di Dalam

Roti waffle coklat paling enak disantap untuk sarapan pagi, dengan topping buah strawberry, coklat, madu, sirup, gula, es krim dan banyak lagi sesuai selera. Selain enak untuk sarapan, roti waffle ini juga enak disantap sore hari untuk camilan menemani saat minum teh dan juga kopi. Serta banyak juga yang menikmati waffle sebagai dessert manis yang dinikmati sebelum makan berat.

Jika Anda penggemar waffle sudahkah mengetahui bahwa roti waffle ini memiliki banyak macam jenisnya? Nah, untuk menambah pengetahuan tentang waffle saya akan memberikan informasi tentang varian kue waffle yang biasa kita jumpai di sekitar. Berikut penjelasannya :

Loading...

Jenis Roti Waffle Yang Terkenal di Dunia

1. American Waffle

Jenis roti waffle ini merupakan hidangan di All Good. Roti waffle Amerika umumnya disajikan dengan topping manis seperti es krim, sirup, dan krim keju.

Ciri khas dari America Waffles ini adalah bentuknya yang lebih tipis dari roti waffle pada umumnya dan teksturnya pun lebih padat. Nah mesti memiliki bentuk yang padat, roti waffle Amerika tetap mudah diiris layaknya pancake yang lembut.

2. Waffle Belgia

Belgian waffles umumnya memiliki berat yang ringan, tekstur yang sedikit garing dengan bentuk persegi panjang yang unik. Waffle Belgia original memiliki topping yang sederhana yaitu taburan gula halus. Namun karena perkembangan zaman, kini waffle Belgia mempunyai banyak topping yang enak dan menarik.

 3. The Liege Waffles

Resep The Liege Waffles dibuat dari adonan kue Brrioche yang memiliki rasa enak dengan manis yang pas. Hal inilah yang menjadikan waffle ini terasa padat dan manis di mulut.

4. Hong Kong Waffles

Di negara Hong Kong, roti waffle umumnya dijual pedagang kaki lima. Roti waffle ini paling enak dinikmati dalam kondisi hangat. Ciri khas dari Hong Kong Waffles adalah bentuknya yang bulat-bulat seperti kue cubit. Selain bentuknya yang unik, penyajian Hong Kong Waffles ini juga memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat atau gula di satu sisi waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

5. Scandinavian Waffles

Ciri khas dari scandivanian adalah bentuknya yang dicetak tipis kemudian dibentuk seperti bentuk hati yang diberi topping taburan gula, stroberi, selai dan buah-buahan segar seperti kiwi dan lain sebagainya.

6. Stoopwafels

Roti waffle yang di adaptasi dari negara Kincir Belanda ini adalah roti waffle tipis yang ditambah manisan sirup di dalamnya. Adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu dan telur.

Cara membuat stoopwafels ini dengan cara dibelah menjadi dua bagian yang sama di saat masih di dalam pemanggangan. Setelah itu barulah waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

Itulah beberapa variasi waffle yang dapat saya informasikan untuk Anda, ternyata bermacam-macam jenis dan toppingnya ya? Nah berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Waffle Coklat Belgian seenak di cafe ala Farah Quinn yang wajib untuk dicoba.

Resep Waffle Coklat Belgian (Belgian Chocolate Waffle)

Resep Waffle Coklat Belgian

Resep Waffle Coklat Belgian – @linagui.kitchen

Bahan Kering Waffle :

  • Tepung terigu protein sedang 220 gram
  • Coklat bubuk 30 gram
  • Baking Powder 4 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh

Bahan Cair Waffle :

  • Susu cair fullcream 500 mili liter
  • Minyak Sayur 120 mili liter (aku ganti butter cair)
  • Kuning telur 2 butir
  • Vanilla extract secukupnya (saya tidak pakai)

Bahan Lain Waffle :

  • Putih telur 2 butir
  • Gula Pasir 85 gram

Bahan Filling :

  • Pasta coklat secukupnya

Cara Membuat Resep Waffle Coklat Belgian :

  1. Pertama-tama campur semua bahan kering, tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, ayak lalu sisihkan.
  2. Dalam 1 wadah campurkan susu cair, kuning telur dan minyak, aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya kocok putih telur hingga berbusa/setengah mengembang, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok terus hingga kaku.
  4. Masukkan campuran bahan cair kedalam campuran tepung bahan kering, aduk pakai whisk hingga rata. Masukkan putih telur kocok sambil di aduk pelan-pelan dengan spatula.
  5. Sebelum tuang adonan, pastikan cetakan sudah dipanaskan sebelumnya. Adonan waffle siap untuk dicetak dan dipanggang hingga matang.
  6. Terakhir beri pasta cokelat di atas waffle secukupnya lalu beri topping waffle sesuai selera (saya beri potongan buah stroberi).

Ini merupakan Resep Waffle Coklat Belgian Egg karena menggunakan putih dan kuning telur. Walaupun ada olahan waffle yang tidak menggunakan telur, tapi sepertinya waffle yang menggunakan telur rasanya lebih enak dan mantap.

Jangan Lewatkan : Resep Banana Steam Cake (Bolu Kukus Pisang) Anti Gagal Cukup 8 Bahan Saja!

Untuk pengembang, di sini saya menggunakan baking powder, walaupun ada resep waffle yang menggunakan Fermipan sebagai bahan pengembangnya. Suka-suka saja ya, mau pakai bahan pengembang mana.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri, semoga sukses bikin waffle homemadenya. See you 🙂

Loading...

Ayo kirim unek-unek Bunda soal resep ini

Tulis unek-unek Bunda